Pengertian, Konsep Dan Hakikat Ilmu Pendidikan
![]() |
Pengertian, Konsep dan Hakikat Ilmu Pendidikan |
Dengan demikian Pengertian Ilmu Pendidikan ialah suatu kumpulan ilmu pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan memiliki metode-metode tertentu yang ilmiah untuk menyelidiki, merenungkan perihal gejala-gejala perbuatan pertolongan atau didikan yang diberikan oleh orang “dewasa” kepada orang yang “belum dewasa” untuk mencapai kedewasaannya dalam rangka mempersiapkan dirinya untuk kehidupan yang bermakna bagi dirinya, masyarakat dan Pencipta-Nya.
Pengertian Ilmu Pendidikan Menurut Para Ahli
Ilmu sendiri sanggup diartikan sebagai suatu pengetahuan yang menelaah dan mengkaji secara sistematik mengenai suatu hal. Menurut Nur Ubiyati ilmu sanggup diartikan sebagai kumpulan pengetahuan yang disusun secara sistematis dan memiliki metode yang bersifat ilmiah. Ada juga pendapat dari Ralph Ross bersama Ernest Van Den Haag yang memberikan bahwa ilmu ialah empiris, umum, rasional serta tersusun yang kesemuanya saling berkaitan dan berhubungan. Menurut Prof. Drs. Harsoyo juga berpendapat bahwa ilmu merupakan akumulasi dari pengetahuan yang disistemasikan. Prof. Drs. Harsoyo juga menambahkan bahwa ilmu juga merupakan cara menganalisa yang memperlihatkan kewenangan kepada para hebat untuk untuk menyatakan proposisi.Pada pengertian ilmu pendidikan kita sanggup menelaah satu persatu antara pengertian ilmu dan juga pendidikan. Berdasarkan deskripsi ilmu diatas kita sanggup menarik kesimpulan bahwa ilmu ialah kumpulan pengetahuan yang secara rasional dan tersusun menjelaskan secara sistematis mengenai suatu hal dalam hal ini pendidikan. Sementara pendidikan sendiri menurut pendapat undang-undang sanggup disimpulkan sebagai usaha yang bersiklus untuk mewujudkan proses pembelajaran dan suasana mencar ilmu yang aktif untuk mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendailan diri, keagamaan, kepribadian, kecerdasan, dan lain-lain yang dibutuhkan masyarakat, bangsa, dan juga negara. Ada juga pakar yang menyebutkan pendidikan sebagai suatu penyesuaian diri untuk mengubah seseorang sanggup menjadi lebih baik.
Dari beberapa pengertian ilmu dan juga pengertian pendidikan sanggup kita tarik garis kesimpulan bahwa ilmu pendidikan ialah suatu kumpulan pengetahuan yang rasional dan tersusun secara rapi mengenai pendidikan dan kemudian menjelaskan secara sistematis dan terperinci mengenai suatu proses pembelajaran yang aktif untuk menghasilkan individu yang memiliki kekuatan, kemampuan, kecerdasan, dan segala hal yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Sekian beberapa pengertian ilmu pendidikan yang sanggup kami rangkum dan kami simpulkan dari beberapa pendapat para pakar pendidikan supaya sanggup anda pahami, supaya informasi ini sanggup memiliki kegunaan bagi anda.
Menurut Dictionary of education ; Pendidikan diartikan, proses
sosial yang di mana orang-orang atau anak dipengaruhi dengan lingkungan yang (sengaja) dipilih dan dikendalikan (misalnya oleh guru di sekolah) sehingga mereka memperolah kemampuan-kemampuan sosial dan perkembangan individu yang optimal. Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara , mendidik ialah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada belum dewasa supaya mereka sebagai insan dan sebagai anggota masyarakat sanggup mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
Pada pengertian ilmu pendidikan kita sanggup menelaah satu persatu antara pengertian ilmu dan juga pendidikan. Berdasarkan deskripsi ilmu diatas kita sanggup menarik kesimpulan bahwa ilmu ialah kumpulan pengetahuan yang secara rasional dan tersusun menjelaskan secara sistematis mengenai suatu hal dalam hal ini pendidikan. Sementara pendidikan sendiri menurut pendapat undang-undang sanggup disimpulkan sebagai usaha yang bersiklus untuk mewujudkan proses pembelajaran dan suasana mencar ilmu yang aktif untuk mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendailan diri, keagamaan, kepribadian, kecerdasan, dan lain-lain yang dibutuhkan masyarakat, bangsa, dan juga negara. Ada juga pakar yang menyebutkan pendidikan sebagai suatu penyesuaian diri untuk mengubah seseorang sanggup menjadi lebih baik.
Dari beberapa pengertian ilmu dan juga pengertian pendidikan sanggup kita tarik garis kesimpulan bahwa ilmu pendidikan ialah suatu kumpulan pengetahuan yang rasional dan tersusun secara rapi mengenai pendidikan dan kemudian menjelaskan secara sistematis dan terperinci mengenai suatu proses pembelajaran yang aktif untuk menghasilkan individu yang memiliki kekuatan, kemampuan, kecerdasan, dan segala hal yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Sekian beberapa pengertian ilmu pendidikan yang sanggup kami rangkum dan kami simpulkan dari beberapa pendapat para pakar pendidikan supaya sanggup anda pahami, supaya informasi ini sanggup memiliki kegunaan bagi anda.
Konsep Ilmu Pendidikan
Ilmu pendidikan membahas perihal proses penyesuaian diri secara timbal balik antara insan dengan insan dan alam sebagai pengembangan dan penyempurnaan secara teratur dari semua potensi moral, intelektual, dan jasmaniah. Pendidikan ialah usaha sadar untuk mempersiapkan penerima didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan oleh si pendidik terhadap si terdidik dalam hal perkembangan jasmani dan rohani menuju terbentuknya kepribadian yang utama di masa yang akan datang.Ilmu Pendidikan merupakan sebuah sistem pengetahuan perihal pendidikan yang diperoleh melalui riset yang disajikan dalam bentuk konsep-konsep pendidikan. Konsep-konsep pendidikan tersebut tidak lain merupakan menurut pengalaman yang ditata secara sistematis menjadi suatu kesatuan ialah disebut sketsa konseptual. Dengan demikian isi Ilmu Pendidikan, terbentuk dari unsur-unsur yang berupa konsep-konsep perihal variabel-variabel pendidikan, dan bagian-bagian yang berupa skema-skema konseptual perihal komponen-komponen pendidikan.
Dengan demikian konsep ilmu pendidikan ialah pengetahuan yang membicarakan masalah-masalah yang bekerjasama dengan pendidikan yang memiliki konsep dasar persyaratan pendidikan sebagai ilmu yaitu:
- Memiliki objek studi baik baik objek material maupun objek formal
- Memiliki sistematika
- Memiliki metode
Ilmu pendidikan bertujuan memperlihatkan informasi atau keterangan perihal dasar-dasar pendidikan dalam berbagai situasi atau interaksi pendidikan, jalur dan jenis jenjang pendidikan untuk membekali penerima didik mencapai kehidupan yang berbudaya dan sanggup bangun diatas kaki sendiri yang lebih baik di masa depannya. Memberikan informasi dalam arti menjelaskan permasalahan, sebab-sebab dan kemungkinan mengupayakan dan pembekalan bagi pendidik dalam mendidik putra putrinya atau generasi berikutnya (Tim pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Bag 4, 2007).
Hakikat Pendidikan
Pendidikan merupakan transfer of knowledge, transfer of value dan transfer of culture and transfer of religius yang semuanya diarahkan pada upaya untuk memanusiakan manusia. Hakikat proses pendidikan ini sebagai upaya untuk mengubah perilaku individu atau kelompok supaya memiliki nilai-nilai yang disepakati menurut agama, filsafat, ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan.Menurut pandangan Paulo Freire pendidikan ialah proses peng-kaderan dengan hakikat tujuannya ialah pembebasan. Hakikat pendidikan ialah kemampuan untuk mendidik diri sendiri. Dalam konteks fatwa Islam hakikat pendidikan ialah mengembalikan nilai-nilai ilahiyah pada insan (fitrah) dengan bimbingan al-quran dan as-Sunnah (Hadits) sehingga menjadi insan yang ber-akhlakul karimah (insan kamil).
Dengan demikian hakikat pendidikan ialah sangat ditentukan oleh nilai-nilai, motivasi dan tujuan dari pendidikan itu sendiri. Maka hakikat pendidikan sanggup dirumuskan sebagi berikut :
Pendidikan merupakan proses interaksi manusiawi yang ditandai keseimbangan antara kedaulatan subjek didik dengan kewibawaan pendidikPendidikan merupakan usaha penyiapan subjek didik menghadapi lingkungan yang mengalami perubahan yang semakin pesatPendidikan meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakatPendidikan berlangsung seumur hidup Pendidikan merupakan kiat dalam menerapkan prinsip-prinsip ilmu.
Hakikat Pendidikan Islam
Pendidikan secara semantik memperlihatkan pada suatu kegiatan atau proses yang bekerjasama dengan training yang dilakukan seseorang kepada orang lain. Pengertian tersebut belum memperlihatkan adanya program, sistem, dan metode yang lazimnya digunakan dalam melakukan pendidikan atau pengajaran. Masih dalam pengertian kebahasaan ini, dijumpai pula kata tarbiyah dalam bahasa Arab. Kata ini sering digunakan oleh para hebat pendidikan Islam untuk menerjemahkan kata pendidikan dalam bahasa Indonesia.Selain kata tarbiyah terdapat pula kata ta’lim. Kata ini oleh para penerjemah sering diartikan pengajaran. Dalam pengertian ini Yusuf A. Faisal, pakar dalam pendidikan memberikan bahwa pengertian pendidikan islam dari sudut etimologi (ilmu akar kata) sering dikatakan istilah ta’lim dan tarbiyah yang bersal dari kata allama dan rabba yang dipergunakan dalam al-Qur‟an, sekalipun kata tarbiyah lebih luas konotasinya, ialah mengandung arti memelihara, membesarkan dan sekaligus mengandung makna mengajar (allama). Selanjutnya Faisal mengutip pendapat Naquib Alatas dalam bukunya Islam and Secularism sebagaimana tersebut di atas terdapat pula kata ta’dib yang ada hubungannya dengan kata budpekerti yang berarti sopan santun.
Selanjutnya bagaimanakah penjelasan yang diberikan al-Quran terhadap ketiga kata tersebut ?. Untuk ini Muhammad Fuad Abd al-Baqy dalam bukunya Al-Mu‟jam al-Mufahras li Alfadz al-Qur’an al Karim telah menginformasikan bahwa dalam al-Qur’an kata tarbiyah dan kata yang serumpun dengannya diulang sebanyak lebih dari 872 kali. Kata tersebut berakar pada rabb. Kata ini sebagaimana dijelaskan oleh al-Raghib al-Ashfahany, pada mulanya berarti al-Tarbiyah ialah insya’ al-Sya’i halan ila halin ila had tamam yang artinya mengembangkan atau menumbuhkan sesuatu tahap demi setahap sampai pada batas yang sempurna.
Kata selanjutnya digunakan oleh al-Qur’an ntuk berbagai hal antara lain digunakan untuk menerangkan salah satu sifat atau perbuatan Tuhan, ialah rabb al-‘alamin yang artinya Pemelihara, Pendidik, Penjaga, Penguasa dan Penjaga sekalian alam. Selain kata rabb digunakan untuk arti sebagaimana disebut diatas, digunakan pula untuk arti yang obyeknya lebih terperinci lagi, yakni bahwa yang dipelihara, dididik dan seterusnya ada yang berupa al-‘arsyy al adzhim, yakni arsy yang demikian besar (Qs. at-Taubah : 129), al-Masyaariqi, yakni ufuk timur tempat terbitnya matahari (Qs. as-Shaaffat : 5), aba’ukum al-awwalun, yakni nenek moyang para pendahulu orang kafir Quraisy (Qs. as-Shaaffat : 5), al-Maghrib, ufuk barat tempat terbenamnya matahari (Qs. ar-Rahman : 17), al-Baldah, yakni negeri dalam hal ini ialah Makkah al-Mukarramah (Qs. al-Baqarah : 126) , Bait, yakni rumah yang dalam hal ini ialah Baitullah, Kabah yang ada di Makkah.
Beberapa ayat tersebut diatas mengambarkan dengan jelas, bahwa kata rabbsebagaimana yang ditunjukan pada al-Quran ternyata digunakan untuk mengambarkan obyek yang bermacam-macam, yang dalam hal ini meliputi benda-benda yang bersifat fisik dan non fisik. Dengan demikian pendidikan meliputi pemeliharaan terhadap seluruh mahluk Tuhan.
Adapun kata yang kedua, dalam hal ini ‘allama sebagaimana dijelaskan oleh al-Raghib al-Ashfahany, digunakan secara khusus untuk mengambarkan sesuatu yang sanggup diulang dan diperbanyak sehingga meninggalkan bekas atau imbas pada diri seseorang dan ada pula yang memberikan bahwa kata tersebut digunakan untuk mengingatkan jiwa supaya memperoleh gambaan mengenai arti perihal sesuatu, dan kadang kata tersebut juga dapa diartikan pemberitahuan.
Kata ta’lim yang berakar pada kata ‘allama dengan berbagai akar kata yang serumpum dengannya, dalam al-Quran disebut sebanyak lebih dari 840 kali dan digunakan untuk arti yang bermacam-macam. Terkadang oleh Allah digunakan untuk menjelaskan pengetahuan-Nya yang diberikan kepada insan (Qs. al-Baqarah : 269), digunakan untuk menjelaskan bahwa Allah Maha Mengetahui terhadap segala sesuatu yang terjadi pada insan (Qs. Huud : 79), digunakan untuk menjelaskan bahwa Allah mengetahui orang-orang yang mengikuti petunjuk-Nya (Qs. al-Baqarah : 143). Dari informasi ini terlihat bahwa kata ta’lim dalam al-Quran mengacu pada adanya sesuatu berupa pengetahuan yang diberikan kepada seseorang, jadi sifatnya intelektual. Sedangkan kata tarbiyah lebih mengacu pada bimbingan, pemeliharaan, arahan, penjagaan, dan sifatnya pembentukan kepribadian.
Adapun mengenai ta’dib yang berakar pada kata addaba tidak dijumpai dalam al-Quran. Kata tersebut dijumpai dalam hadist antara lain yang berbunyi : addabani rabby fa-ahsana ta’diby.
Ketiga istilah tersebut (ta’lim, tarbiyah, ta’dib), bekerjsama memberi kesan bahwa antara satu dan yang lainnya berbeda. Beda istilah ta’lim mengesankan memperlihatkan proses proteksi bekal pengetahuan. Sedangkan istilah tarbiyah, mengesankan proses training dan pengarahan bagi pembentukan kepribadian dan perilaku mental. Sementara istilah ta’dib mengesankan proses training dan pengarahan bagi pembentukan kepribadian dan perilaku mental, mengesankan proses training terhadap perilaku moral dan estetika dalam kehidupan yang lebih mengacu pada peningkatan martabat manusia.
Pengertian Pendidikan dan Ilmu Pendidikan
- Pendidikan ialah usaha sadar dan bersiklus untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran supaya penerima didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, etika mulia serta ketrampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat.
- Ilmu pendidikan ialah uraian secara sistematis dan ilmiah perihal bimbingan atau tuntunan pendidikan kepada belum dewasa didik dalam perkembangannya supaya ia tumbuh secara masuk nalar berpribudi baik, sebagai anggota masyarakat yang hidup selaras dan seimbang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Pencarian yang terpouler
- pengertian ilmu pendidikan secara etimologi dan terminologi
- pengertian ilmu pendidikan islam
- makalah pengertian ilmu pendidikan
- pengertian ilmu pendidikan menurut bahasa dan istilah
- pengertian ilmu pendidikan pdf
- pengertian ilmu pendidikan anak
- pengertian ilmu pendidikan secara sempit
- tujuan ilmu pendidikan
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Pengertian, Konsep Dan Hakikat Ilmu Pendidikan"