Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Istilah Dan Teladan Fisiologi Secara Umum

Pengertian Fisiologi atau sebuah ilmu faal yaitu sebuah pengertian atau ilmu dari salah satu cabang ilmu biologi yang berhubungan dekat dengan pembahasan serta mempelajari sebuah ke berlangsungan sebuah sistem tentang kehidupan. Istilah arti kata fisiologi diambil dari bahasa Belanda yaitu physiologie, yang dirangkai dan disusun dari dua kata bahasa Yunani Kuno yaitu physis yang berarti bermakna hakikat atau asal-usul dan kata logia yang berarti memiliki makna sebuah kajian. Arti kata faal diadaptasi dari bahasa Arab yang memiliki arti atau makna sebuah pertanda,  sebuah fungsi,  dan kerja.

Pengertian Fisiologi atau sebuah ilmu faal yaitu sebuah pengertian atau ilmu dari salah sa Pengertian, Istilah Dan Pola Fisiologi Secara Umum
Pengertian, Istilah dan Contoh Fisiologi Secara Umum

Pengertian Fisiologi Dan Ilmu Yang Mempelajarinya

Pengertian atau definisi fisiologi secara umum memiliki pengertian yaitu mempelajari hal yang berkaitan dengan kehidupan makhluk hidup walaupun dalam setiap bidang memiliki pengertian masing-masing. Ilmu fisiologi menggunakan tahapan dan langkah serta aneka macam macam metode untuk mampu mempelajari sebuah sel kemudian biomolekul kemudian organ dan jaringan selain itu fisiologi juga mempelajari organisme dan sebuah sistem organ secara merata dan keseluruhan untuk menjalankan fungsi fisik serta zat kimiawinya semoga mendukung sebuah kehidupan. Ilmu fisiologi yaitu bidang ilmu yang wajib untuk di pelajari sebab merupakan salah satu sebuah bidang ilmu yang sudah menjadi salah satu objek untuk proteksi penghargaan tertinggi Nobel.

Secara umum pengertian fisiologi memiliki makna lain sebab berdasarkan sebuah objek kajiannya fisiologi dikenal juga ilmu fisiologi insan kemudian ilmu fisiologi tumbuhan dan ilmu tentang fisiologi hewan, walaupun pada dasarnya prinsip sebuah ilmu fisiologi sangat bersifat luas atau universal, hal tersebut sangat tidak terlalu bergantung pada salah satu jenis dan tipe  suatu organisme yang dipahami dan dipelajari. Ada beberapa teladan tentang apa yang mampu dipelajari dan dipahami pada ilmu fisiologi tentang sel khamir serta mampu juga diterapkan dan dilakukan sebagian maupun secara ke seluruhan terhadap sel organ manusia.

Banyak ilmu-ilmu lain yang sudah  berkembang dan maju dari ilmu fisiologi sebab mengingat bahwa ilmu ini sudah cukup lama dan terbilang bacin tanah saat awal dipelajari hingga kini. Beberapa sebuah turunan yang mampu dibilang sangat penting yaitu ilmu biokimia kemudian ilmu biofisika kemudian ilmu tentang biomekanika dan ilmu yang mempelajari tentang genetika sebuah sel serta ilmu tentang farmakologi selain itu ada ilmu tentang ekofisiologi. Sebuah perkembangan ilmu biologi tentang molekuler sangat memengaruhi arah dan tujuan kajian  ilmu fisiologi. Fisiologi sangat banyak diminati oleh para peneliti sebab ilmu ini sangat bermanfaat bagi umat insan sebab pengertian fisiologi yaitu sebuah ilmu yang mampu dibilang ilmu ini mempelajari aneka macam macam teori dan rangkaian tentang seluruh kehidupan baik alam maupun penghuninya secara keseluruhan dan manfaat ilmu ini juga mampu mempelajari tentang masa kemudian maupun yang akan datang terhadap revolusi makhluk hidup.

Sejarah Fisiologi 

Ilmu fisiologi insan dimulai dari sekitar tahun 420SM hingga zaman Hipokrates, yang juga dikenal sebagai bapak kedokteran.[1] Pemikiran kritis dari Aristoteles dan perhatiannya pada kekerabatan antara struktur dan fungsi menandai dimulainya ilmu fisiologi pada Yunani Kuno

Jean Fernel, seorang peneliti berkewarganegaraan Prancis memperkenalkan istilah "fisiologi" pada tahun 1525. Namun fisiologi eksperimental baru diawali pada kurun ke-17, saat jago anatomi William Harvey menjelaskan adanya sirkulasi darah. Herman Boerhaave sering disebut sebagai bapak fisiologi sebab karyanya berupa buku teks berjudul Institutiones Medicae (1708) dan cara mengajarnya yang cemerlang di Leiden.

Pada kurun ke-19, ilmu fisiologi mulai berkembang dengan pesat, secara khusus pada tahun 1838 dengan ditemukannya teori sel oleh Matthias Schleiden dan Theodor Schwann. Secara radikal teori ini menyatakan bahwa organisme terdiri atas unit yang disebut sel. Claude Bernard (1813–1878) kemudian menemukan konsep milieu interieur (lingkungan internal), yang kemudian disebut sebagai "homeostasis" oleh peneliti dari Amerika, Walter Cannon.

Pada kurun ke-20, jago biologi juga mengalami ketertarikan pada bagaimana organisme selain insan melakukan fungsinya, yang kemudian menjadikan adanya fisiologi komparatif dan ekofisiologi. Pada tahun belakangan, fisiologi evolusi telah menjadi salah satu subdisiplin dari fisiologi.

Bidang-bidang fisiologi

Fisiologi di bidang kedokteran berperan sangat besar. Akibat mendalamnya kajian, terdapat beberapa subbidang. Elektrofisiologi berkaitan dengan cara kerja saraf dan otot; neurofisiologi mempelajari fisiologi otak; fisiologi sel menunjuk pada fungsi sel secara individual.

Banyak bidang yang berkaitan dengan fisiologi, di antaranya yaitu Ekofisiologi yang mempelajari imbas lingkungan terhadap perubahan fisiologi dalam tubuh binatang dan tumbuhan. Genetika bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi fisiologi binatang dan tumbuhan. Tekanan lingkungan juga sering menjadikan kerusakan pada organisme eukariotik. Organisme yang tidak hidup di habitat akuatik harus menyimpan air dalam lingkungan seluler. Pada organisme demikian, dehidrasi mampu menjadi persoalan besar.

Dehidrasi pada insan mampu terjadi saat terdapat peningkatan program fisik. Dalam bidang fisiologi keolahragaan, telah dilakukan aneka macam penelitian mengenai imbas dehidrasi terhadap homeostasis.

Fisiologi hewan

Fisiologi binatang bermula dari metode dan peralatan yang digunakan dalam pembelajaran fisiologi insan yang kemudian meluas pada spesies binatang selain manusia. Fisiologi tumbuhan banyak menggunakan teknik dari kedua bidang ini.

Cakupan subjek dari fisiologi binatang yaitu semua makhluk hidup. Banyaknya subjek menjadikan penelitian di bidang fisiologi binatang lebih terkonsentrasi pada pemahaman bagaimana ciri fisiologis berubah sepanjang sejarah evolusi hewan.

Contoh Adaptasi Fisiologi

Kita mampu menemukan majemuk teladan penyesuaian fisiologi di sekitar lingkungan kita. Selama ini mungkin kita tak sadar bahwa tubuh kita sendiri telah melakukan adaptasi. Saat ada di dalam ruangan yang cuek ber-AC kita akan sering buang air kecil, sedangkan jikalau berada di ruangan yang panas kita akan mengeluarkan banyak keringat. Kedua perkara ini menunjukan bahwa tubuh kita alias insan pun telah melakukan penyesuaian dengan suhu lingkungan dalam proses ekskresi cairan.

Contoh Adaptasi Fisiologi Pada Tumbuhan Dan HewanSelain pada manusia, teladan penyesuaian fisiologi juga mampu ditemukan pada binatang dan tumbuhan berikut ini:

Adaptasi Ikan Air Tawar
Ikan air tawar memiliki kadar garam yang jauh lebih tinggi dibanding kadar garam di lingkungan air sekitarnya sehingga air masuk dalam tubuh ikan secara osmosis. Dengan demikan ikan air tawar beradaptasi dengan cara sedikit minum dan banyak mengeluarkan urine hipotonik (urine yang tidak pekat). Tujuan hal ini dilakukan yaitu semoga kadar garam di tubuhnya sama dengan lingkungan hidupnya.

Adaptasi Ikan Air Laut
Berkebalikan dengan penyesuaian ikan air tawar, penyesuaian ikan air maritim dilakukan dengan banyak minum dan mengeluarkan sedikit urine hipertonik (urine yang pekat). Kadar garam tubuh ikan yang jauh lebih rendah dibanding air di lingkungannya membuat air terus menerus keluar dari tubuh ikan secara osmosis. Inilah alasan mengapa ikan air maritim melakukan penyesuaian tersebut.

Adaptasi Sistem Pencernaan Hewan Memamah Biak
Hewan memamah biak atau binatang herbivora selalu memakan masakan yang mengandung selosa tinggi menyerupai rumput-rumputan atau dedaunan. Untuk mampu mencerna masakan menyerupai itu, binatang memamah biak beradaptasi dengan menghasilkan enzim selulase, enzim yang mampu menguraikan selulosa pada makanannya sehingga rumput atau daun yang dimakannya mampu tercerna dengan baik. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar bagaimana sistem pencernaan memamah biak, Anda mampu berkunjung ke artikel ini.

Adaptasi Fisiologi pada Tumbuhan Xerofit
Tumbuhan xerofit atau tumbuhan yang hidup di daerah gurun umumnya memiliki jaringan penyimpanan air. Jaringan ini sangat berfungsi untuk menghadapi verbal mayoritas kemarau panjang. Dengan adanya jaringan ini, mereka mampu tetap bertahan hidup meski tak terdapat sedikit pun air pada tanah tempat tumbuh dan menjalarnya akar mereka. Terbentuknya jaringan penyimpanan air pada tumbuhan gurun juga merupakan salah satu teladan penyesuaian fisiologi pada tumbuhan.



Pencarian yang paling banyak dicari

  • fisiologi manusia
  • pengertian fisiologi manusia
  • pengertian fisiologi tumbuhan
  • fisiologi hewan
  • materi fisiologi
  • fisiologi olahraga
  • pengertian fisiologis dan psikologis
  • anatomi fisiologi

Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Pengertian, Istilah Dan Teladan Fisiologi Secara Umum"