Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hak Anak Untuk Belajar Yang Menyenangkan Di Sekolah

Hak anak untuk berguru yang menyenangkan di sekolah – Komite Nasional Perlindungan Anak (KNPA) kiranya semakin gencar mensosialisasikan pemenuhan hak anak. Sasaran sosialisasi tersebut adalah pendidik dan orangtua anak. Kedua unsur ini sangat bersahabat dengan kehidupan sehari-hari.

Hak anak untuk berguru yang menyenangkan di sekolah Hak Anak Untuk Berguru Yang Menyenangkan Di Sekolah
Belajar menyenagkan di skeolah (doc.matrapendidikan.com)

Namun di antara sekian banyak pemenuhan hak anak adalah menerima pembelajaran yang menyenangkan di sekolah. Pembelajaran menyenangkan meliputi suasana berguru yang kondusif, ramah anak, bebas dari tekanan dan bully.

Pembelajaran menyenangkan memungkinkan anak untuk memperoleh hasil berguru yang memuaskan. Potensi bakat dan minat anak akan tergali secara optimal. Sehingga sekolah menjadi tempat paling menyenangkan bagi anak, setelah di rumah mereka sendiri.

Guru memiliki kiprah strategis dalam menciptakan pembelajaran menyenangkan di sekolah. Namun kiprah tersebut tidak serta merta simpel diimplementasikan. Guru sebagai manusia biasa kerap mengalami kendala dalam menciptakan suasana berguru yang aman dan menyenagkan bagi anak.

Kendala dimaksud bersumber dari guru sendiri terutama keterbatasan dalam menyikapi dinamika perkembangan anak. Motivasi dan disiplin berguru yang belum memadai serta tingkah laku anak yang sering menjengkelkan.
Mengatasi permasalahan tersebut kiranya guru perlu dan selalu menambah pengetahuan dan wawasan perihal psikologis anak. Esensinya adalah bagaimana menghadapi anak-anak di masa milennial.

Menyikapi hal tersebut, Millennial Teacher Festival mengadakan pencerahan terhadap para guru di daerah termasuk di Tanah datar yang bakal digelar hari ini (15/10). Melalui pencerahan dengan narasumber Dr.Seto Mulyadi, M.Psi , Dedi Vitra Johor dan lainnya para guru mampu menyikapi perkembangan anak di masa milennial ini.
Pembelajaran menyenangkan memang menjadi hak anak namun hak tersebut juga disertai dengan kewajiban dan tanggung jawab untuk menciptakan pembeljaran menyenangkan.

Anak juga perlu memahami dan menyadari, pembelajaran menyenangkan itu tidak bakal terwujud jikalau tidak didukung oleh anak selama berguru di sekolah.

Di sisi lain, kondisi ruang kelas yang padat perlu dipertimbangkan kembali untukmeningkatkan pelayanan hak anak dalam berguru yang menyenangkan.


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Hak Anak Untuk Belajar Yang Menyenangkan Di Sekolah"