Bentuk Dan Kegunaan Penilaian Hasil Berguru Siswa (3)
Bentuk dan kegunaan penilaian hasil berguru Siswa (3) – Secara operasional penilaian hasil berguru siswa bahu-membahu dipegang oleh guru. Ada dua alasan penting untuk membenarkan pernyataan ini. Pertama, pembelajaarn dilaksanakan oleh guru secara langsung melalui program tatap muka.
Guru berinteraksi langsung dengan siswa melalui pembelajaran. Dan penilaian ialah salah satu peran pokok guru dalam melaksanakan pembelajaran. Kedua, oleh karena guru berinteraksi langsung dengan siswa dalam pembelajaran maka guru mampu melaksanakan penilaian hasil berguru siswa dalam berbagai bentuk.
Misalnya, ulangan (ujian), pengamatan (observasi), penugasan dan bentuk lainnya yang diharapkan sesuai kompetensi dasar konsep mata pelajaran.
Penilaian hasil berguru oleh guru memiliki kegunaan untuk mengukur dan mengetahui sejauhmana ketercapaian suatu kompetensi oleh siswa. Namun yang paling penting kegunaannya ialah sebagai salah satu upaya guru untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran.
Penilaian dalam pendidikan tidak hanya dilakukan oleh guru. Sekolah dan pemerintah juga mampu melaksanakan penilaian hasil berguru siswa sebagaimana telah diutarakan pada ruang ringkup penilaian pendidikan.
Baca kembali : Ruang Lingkup Penilaian HasilBelajar Peserta Didik
Selain itu, penilaian hasil berguru terhadap siswa memiliki kegunaan untuk menyiapkan laporan kemajuan berguru siswa pada penilaian harian PH), penilaian tengah semester (PTS), penilaian simpulan semester (PAS), penilaian simpulan tahun (PAT) dan kenaikan kelas siswa.
Penilaian oleh sekolah dilaksanakan dalam bentuk ujian sekolah yang sering dikenal dengan US. Penilaian ini digunakan untuk penentuan kelulusan bagi siswa pada jenjang terakhir suatu sekolah.
Bagi sekolah, penilaian yang dilakukan oleh guru maupun sekolah digunakan untuk perbaikan atau penjaminan mutu (kualitas) suatu sekolah. Oleh karena itu sekolah tetapkan KBM (Ketuntasan Belajar Minimal) atau sebelumnya dikenal dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan kriteria kenaikan kelas.
Baca juga : Tujuan dan Prinsip PenilaianHasil Belajar Siswa
Ujian Nasional (UN) merupakan penilaian hasil berguru siswa yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Kegunaan UN bagi pemerintah ialah pemetaan kualitas jadwal suatu sekolah, pertimbangan dalam seleksi melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya dan pembinaan serta pinjaman perlindungan kepada sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Bentuk Dan Kegunaan Penilaian Hasil Berguru Siswa (3)"