Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Istilah Populer Dalam Penilaian Kurikulum 2019

5 Istilah populer dalam penilaian kurikulum 2019 – Sebelum memulai peran mengajar untuk Tahun Pembelajaran 2019/2020 ada baiknya diingat kembali istilah yang digunakan dalam penilaian Kurikulum 2019 (Kurtilas/K.13). Pembahasan pada artikel pendidikan ini hanya sekadar untuk menyeragamkan penggunaan istilah dalam penilaian oleh guru di sekolah.

 Istilah populer dalam penilaian kurikulum  5 Istilah Terkenal Dalam Evaluasi Kurikulum 2019

Seperti diketahui penilaian ialah serangkaian proses untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa. Proses tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan dalam proses belajar. Tujuannya untuk memantau kemajuan maupun perbaikan hasil berguru siswa.

Merujuk pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Standar Penilaian Revisi Kurikulum 2019, ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam program penilaian oleh guru di sekolah:

1.Ketuntasan Belajar Minimal(KBM)

KBM ialah kriteria pencapaian ketuntasan minimal pada satu atau dua kompetensi dasar. Sebagai contoh, ketuntasan mata pelajaran IPA pada kompetensi dasar 1 ialah 65.

Setelah diadakan ulangan pada kompetensi dasar tersebut, siswa memperoleh nilai 65 atau menguasai materi pada kompetensi dasar tersebut 65%. Siswa tersebut sudah memenuhi ketunasan berguru minimal.

Sebelumnya digunakan istilah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang tertuang dalam permendikbud Nomor 53 Tahun 2019. Jika Anda ingat, istilah ini sudah pernah digunakan sebelumnya ibarat pada KTSP (Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan) atau kurikulum 2006.. Ada juga yang menggunakan istilah SKBM (Syarat Ketuntasan Belajar Minimal).

2.Penilaian Harian(PH)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa secara berkala setelah merampungkan satu atau lebih kompetensi dasar. Penilaian harian lebih kompleks dan tidak hanya sebagai ujian.

Sebelumnya dikenal dengan istilah UH (Ulangan Harian). Semacam program yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dan dijadikan tumpuan sebagai prestasi belajar.

3.Penilaian Tengah Semester(PTS)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa setelah melaksanakan beberapa minggu program pembelajaran. Penilaian mencakup seluruh indikator pada KD tersebut.  Sebelumnya UTS (Ujian Tengah semester)

4.Penilaian Akhir Semester(PAS)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa di simpulan semester ganjil/gasal atau semester genap. Mencakup seluruh indikator pada semua KD. Sebelumnya digunakan istilah UAS (Ujian Akhir Semester). PAS untuk semester gasal/ganjil dan semester genap

5.Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Sebelum PAT digunakan istilah UKK (Ujian Kenaikan Kelas). PAT terdiri dari materi soal pada semester ganjil (25%) dan semester genap (75%). Kenaikan kelas ditentukan oleh PAT
Simak juga : Mekanisme Sistem Penilaian dalam Pendidikan 
Demikian 5 istilah penilaian yang dilakukan oleh guru dalam kurikulum 2019.


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "5 Istilah Populer Dalam Penilaian Kurikulum 2019"