5 Ciri Guru Yang Sukses Dalam Mengajar
5 Ciri guru yang sukses dalam mengajar – Semakin tidak simpel untuk menjadi seorang guru yang sukses mengajar di tengah kala milenium sekarang. Padahal, beberapa dekade belakang, menjadi guru sukses itu tidak begitu rumit.
Ada apa gerangan dengan kala milineal ini? Dinamika perkembangan zaman menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Perkembangan produk teknologi berita dan komunikasi menciptakan guru (termasuk orangtua) harus berpikir keras untuk menghadapi anak terutama pada usia sekolah.
A.Kemajuan produk teknologi
Peserta didik tidak semata mengharapkan berita pengetahuan dari lembaga sekolah. Mereka sanggup mengakses berita tersebut dengan simpel melalui gadget dan perangkat lainnya.
Materi pelajaran yang akan diterangkan oleh guru esok hari akan sanggup diakses oleh anak hari ini. Semua disiplin ilmu dari banyak sekali mata pelajaran sudah tersedia di internet. Melalui gadget dan perangkat saluran lainya, akseptor didik bisa memperoleh semua itu dengan mudah.
Kemajuan produk teknologi akan mengakibatkan guru tidak sanggup lagi mengandalkan dirinya sebagai sumber berita satu-satunay bagi anak didik. Oleh karena yaitu itu para guru juga harus menggeser perannya dari seorang pengajar menjadi seorang pembelajar sekaligus motivator belajar.
Guru perlu memanfaatkan produk teknologi komputer dan jaringan untuk berguru dan mengakses sejumlah pengetahuan untuk ditranfer ke akseptor didik.
Kemajuan produk teknologi juga mengharuskan guru untuk mendorong anak berguru serta menyediakan kemudahan untuk belajar. Fasilitas berguru tidak hanya kemudahan fisik di sekolah. Lebih luas yaitu memberi kemudahan atau jalan bagi anak untuk mengakses berita pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmu yang diajarkan.
Simak : Pendidikan Komputer dan Internet di Sekolah
Simak : Pendidikan Komputer dan Internet di Sekolah
B.Batasan sukses mengajar
Hakikat guru sukses mengajar di kala milenial jauh beda dengan kala sebelumnya. Dulu, guru sukses mengajar itu sering dimaknai sanggup mengelola kelas dengan baik. Siswa berguru dengan tenang di ruang kelas.
Melipat tangan di atas meja. Serius mendengar penjelasan guru di depan kelas.Tidak ada yang menciptakan keonaran di kelas. Tidak ada yang berani membantah guru. Apalagi minta permisi meninggalkan kelas dan tidak kembali.
Akan tetap dalam praktiknya sekarang, guru yang bisa mirip itu akan sulit ditemui. Kalau pun ada, itu pun terjadi pada sekolah yang berlabel unggul atau favorit. Bagaimana dengan sekolah reguler yang berada di pinggiran kota, di pedesaan atau di daerah terpencil sekalipun?
Ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru yang benar-benar berminat jadi guru sejak awal. Tantangan disini yaitu tantangan menarik yang perlu dihadapi dan dijalani oleh guru tersebut dengan sejumlah kompetensi tertentu.
C.Ciri guru sukses mengajar
Guru yang sukses mengajar bersifat relatif. Sukses yaitu aspek kualitas yang tak mungkin dilabeli dengan angka pasti. Oleh karena yaitu itu, berdasarkan batasan sukses mengajar di kala sekarang, maka ciri guru sukses dalam mengajar dideskripsikan sebagai berikut:
1.Dapat beraudiensi dengan siswa
Di lingkungan sekolah, adakala guru tidak lagi sempat untuk beraudiensi dengan akseptor didik karena kesibukan dan keterbatasan waktu. Selain karena jumlah jam mengajar yang banyak, guru juga disibukkan dengan perangkat pembelajaran. Semua program ini menyita waktu dan energi guru.
Selain dari kesibukan guru, ada pula penyebabnya karena keengganan siswa untuk beraudiensi dengan gurunya. Aktiviats siswa juga tak kalah padatnya di sekolah. Waktu tersedia untuk beraudiensi dengan guru juga terbatas.
Kalau pun ada siswa dan guru terlihat beraudiensi, itu pun karena anak bermasalah dengan guru tersebut selama pembelajaran. Bertukar pikiran dan diskusi umumnya tidak sempat lagi.
Oleh karena yaitu itu, salah satu ciri guru yang sukses mengajar yaitu guru yang memiliki kesempatan berkomunikasi dua arah dengan audiensnya. Tema berguru dalam kelas ikut terbawa dalam percakapan antara guru dan siswa di luar ruang kelas.
2.Mengelola kelas dengan efektif
Dinamika pergaulan sosial siswa akan terbawa-bawa ke dalam ruangan kelas. Obrolan siswa adakala tidak ada kaitannya dengan pelajaran di sekolah. Hal itu tidak mustahil terbawa ke ruang kelas ketika guru sedang mengajar.
Ketika guru menjelaskan pelajaran, siswa juga asyik ngobrol dengan teman terdekat daerah duduknya. Yang lebih serius lagi justru siswa menciptakan keonaran sehingga kelas menjadi riuh.
Maka ciri guru sukses mengajar yaitu siswa yang bisa mengelola kelas dengan efektif. Mengelola kelas dengan efektif artinya menciptakan suasana kelas yang bisa mendukung terlaksananya pembelajaran dengan optimal.
Simak juga: Strategi Mengelola Kelas dengan Baik
Simak juga: Strategi Mengelola Kelas dengan Baik
3.Menggunakan multi-metode
Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas tidak cukup menggunakan satu metode saja sebagaimana lazimnya ditulis guru dalam perangkat mengajarnya. Yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana karakter materi pelajaran yang yang akan diajarkan. Artinya, metode yang digunakan sesuai dengan karakter materi pelajaran.
Selain karakter materi pelajaran, karakter siswa pun perlu dipahami oleh guru. Justru yang lebih penting yaitu bagaimana karakter akseptor didik yang dihadapi. Kenapa? Karakter materi bersifat konstan, artinya sanggup diprediksi dan bersifat tetap. Namun karakter siswa bersifat berubah.
Sering guru merasa kecolongan karena metode mengajar tidak sesuai dengan yang ditulis dalam perangkat mengajar. Guru memaksakan semoga metode tersebut ter;laksana. Namun kondisi pembelajaran tidak memungkinkan. Suasana kelas cukup gerah sehingga siswa gelisah di dalam kelas.
Oleh karena yaitu itu ciri guru sukses mengajar yaitu guru yang bisa mengadopsi banyak sekali metode (multi-metode) dalam pembelajaran. Guru tidak terikat oleh metode yang tertulis di buku perangkat mengajar.
4.Optimis dan antusias mengajar
Sulit menemukan seorang guru yang tidak pernah menghadapi kendala dalam mengajar. Hal ini mengisyaratkan bahwa mengajar itu tidak luput dari banyak sekali permasalahan.
Permasalahan itu berasal dari diri guru sendiri maupun dari luar dirinya. Permasalahn dari diri guru antara lain kemampuan berbahasa, berkomunikasi dan penguasaan materi pelajaran.
Sementara itu, permasalahan dari luar diri guru antara lain keterbatasan sarana dan prasarana penunjang pelajaran, karakter akseptor didik dan kebijakan pimpinan di tingkat sekolah.
Oleh karena yaitu itu guru sukses mengajar yaitu guru yang selalu optimis dan antusias dalam menghadapi poeserta didik. Ini yaitu unsur penting dimiliki guru disamping kompetensi (kemampuan) lainnya
5.Evaluasi terhadap kemajuan mengajar
Ciri guru sukses terakhir yang akan dibahas yaitu guru yang selalu mengevaluasi hasil pekerjaannya. Eavaluasi disini bukanlah penilaian terhadap proses dan hasil berguru siswa. Menilai hasil pekerjaan siswa sesudah ujian.
Eavaluasi terhadap pekerjaannya yaitu sejauhmana keberhasilan pembelajaran yang dijalankan guru serta hasil yang diperoleh.
Setelah penilaian yaitu tindak lanjut hasil penilaian kinerja guru. Jika teknik dan metode mengajar yang digunakan guru ternyata kurang efektif maka berikutnya guru akan mencoba teknik dan metode lain.
Nah, proses penilaian mirip itu lebih dikenal dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Guru melaksanakan PTK seyogyanya tidak semata untuk memenuhi kebutuhan administrasi kenaikan pangkat/jabatan ke tingkat yang lebih tinggi.
Justru setiap guru akan melaksanakan aktivitas PTK dalam rangka penilaian terhadap pelaksanaan mengajar sekaligus penilaian perkembangan berguru siswa. Untuk melengkapi bacaan, mungkin perlu disimak yang ini!
Baca juga : Tujuan dan Manfaat PTK Bagi Guru
Baca juga : Tujuan dan Manfaat PTK Bagi Guru
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "5 Ciri Guru Yang Sukses Dalam Mengajar"