Prospek Muatan Lokal Keterampilan Pertanian
Prospek muatan lokal keterampilan pertanian – Mata pelajaran muatan lokal (mulok) di setiap sekolah berbeda-beda satu sama lainnya. Pemilihan mata pelajaran ini dalam struktur kurikulum pendidikan di sekolah disesuaikan dengan kondisi lingkungan alam dan sosial masyarakat di mana sekolah berada.
Dengan kata lain,.mata pelajaran muatan lokal disesuaikan dengan potensi daerah, kearifan lokal dan areal sekolah itu berada.. Dan, pisang merupakan salah satu produk muatan lokal mata pelajaran keterampilan pertanian.
Foto : Pisang merupakan salah satu produk mata pelajaran keterampilan pertanian yang dikembangkan di sekolah (matrapendidikan.com)
Dengan kata lain,.mata pelajaran muatan lokal disesuaikan dengan potensi daerah, kearifan lokal dan areal sekolah itu berada.. Dan, pisang merupakan salah satu produk muatan lokal mata pelajaran keterampilan pertanian.
Pada kesempatan ini akan menelaah mata pelajaran mulok Keterampilan Pertanian. Mata pelajaran ini lebih sesuai dengan kondisi sekolah yang berlokasi di areal pertanian atau pedesaan.
Ada beberapa alasan mengapa mata pelajaran mulok ini dimasukkan dalam kurikulum muatan lokal di sekolah:
1.Indonesia negara agraris
Secara global, Indonesia termasuk kelompok negara agraris. Sebagian besar mata pencaharian penduduk bercocok tanam. Pada umumnya penduduk tinggal di wilayah pedesaan.
Makanan pokok penduduk Indonesia ialah beras yang bersumber dari padi. Pelajaran Keterampilan Pertanian diperlukan sanggup membuatkan ilmu dan teknologi dasar budidaya tumbuhan pangan.
2.Budidaya tumbuhan holtikultura
Di sekolah berlokasi di pedesaan banyak memiliki tumbuhan holtikultura. Budidaya tumbuhan ini sanggup dikembangkan melalui mata pelajaran Keterampilan Pertanian.
Tanaman holtikultura kelompok buah ialah jeruk nipis, jeruk lemon, tomat, dan lain sebagainya. Sedangkan kelompok sayur dan bumbu masak antara lain; cabe merah, cabe rawit dan terung.
Melalui mata pelajaran keterampilan pertanian, siswa diberi keterampilan untuk membudidayakan tumbuhan holtikultura. Bekal keterampilan ini kelak sanggup oleh siswa ketika mereka terjun ke tengah masyarakat.
Mereka sanggup membudidayakan aneka tanaman dengan cara yang lebih moderen dan praktis. Misalnya, membudidayakan tumbuhan dan buah lokal yang banyak digemari. Boleh jadi semua ini bernilai jual tinggi sehingga menjadi income bagi pendapatan keluarga.
Berdasarkan uraian di atas sanggup ditarik benang merah bahwa mata pelajaran muatan lokal Keterampilan Pertanian layak menjadi pilihan untuk diterapkan dalam kurikulum muatan lokal di sekolah.
Prospek mata pelajaran ini cukup cerah untuk membudidayakan berbagai tumbuhan yang menjadi kearifan lokal di tempat terutama tempat pertanian dan perkebunan.

Posting Komentar untuk "Prospek Muatan Lokal Keterampilan Pertanian"