Tak Satupun Metode Mengajar Paling Cantik (?)
Tak satupun metode mengajar paling bagus (?) – Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan. Khususnya sebagai pendidik lembaga sekolah/madrasah, pernyataan mirip judul artikel ini tidak akan terasa absurd lagi. Tidak satu pun metode mengajar paling bagus dalam pembelajaran!. Ini bukan berarti tidak ada metode yang mampu dipakai oleh guru untuk mengajar.
Seperti diketahui sudah banyak macam dan ragam metode pembelajaran yang mampu dipilih dan dipakai oleh guru untuk mengajar. Mulai dari metode yang bersifat klasik dan konvensional hingga metode yang dianggap progresif.
#Pembelajaran di ruang kelas
Pembelajaran merupakan proses berguru dan mengajar yang berlangsung di ruang, tempat dan waktu yang sama. Ketika guru mengajar, ketika itu pula siswa belajar.
Proses tersebut berifat dinamis, artinya dalam pembelajaran terjadi interaksi dimana terjadi korelasi komunikasi timbal balik antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajar.
Siswa memiliki seni manajemen dan teknik serta cara untuk belajar. Begitu pula dengan guru. Guru perlu menggunakan strategi, teknik dan metode dalam mengajar.
Dalam pembelajaran, strategi, teknik dan metode mengajar lebih dikedepankan. Hal ini cukup beralasan alasannya ialah gurulah mengelola seluruh kegiatan pembelajaran.
Metode mengajar yaitu teknik atau cara yang dipakai oleh guru dalam mengajar. Banyak jenis metode yang sudah dicobakan guru dalam mengajar. Mulai dari metode konvensional mirip ceramah, diskusi dan tanya jawab hingga metode yang handal merangsang kreativitas siswa dalam belajar..
Metode mengajar pilihan guru telah diperhitungkan terlebih dulu melalui berbagai pertimbangan. Misalnya, bagaimana karakter materi pelajaran yang akan disampaikan pada siswa, jumlah siswa dalam satu kelas, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran dan faktor lainnya.
Metode eksperimen dianggap paling bagus dipakai dalam pembelajaran. Namun pilihan itu menjadi tidak bagus jikalau disekolah tidak tersedia sarana pembelajaran untukmelaksanakan eksperimen.
#Metode yang sesuai
Justru metode ceramah akan efektif dipilih dan dipakai jikalau karakter materi pelajaran membutuhkan penjelasan berupa ceramah dan informasi. Jika demikian, mampu dikatakan bahwa tidak ada metode pembelajaran yang dianggap paling bagus kecuali metode yang sesuai dengan kondisi sekolah, karakter materi pelajaran dan karakter siswa.
Baca juga : Teknik Mengajar Gado-gado dan Manfaatnya
Disinilah pentingnya guru memilih dan mempertimbangkan metode yang sesuai sebelum mengajar. Pemilihan dan pertimbangan metode tersebut tertuang dalam perangkat pembelajaran yang sudah dibuat oleh setiap guru.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Tak Satupun Metode Mengajar Paling Cantik (?)"