Strategi Agar Laporan Ptk Guru Diterima Tim Penilai
Strategi agar laporan PTK guru diterima oleh tim penilai – Mengapa laporan program PTK guru tidak diterima oleh tim penilai angka kredit jabatan guru?
Pertanyaan ibarat ini, bukanlah hal abstrak bagi guru. Terutama guru yang telah biasa melakukan program PTK dan mengajukan laporannya sebagai salah satu butir unsur dalam pengajuan kenaikan pangkat/jabatan.
Pertanyaan ibarat ini, bukanlah hal abstrak bagi guru. Terutama guru yang telah biasa melakukan program PTK dan mengajukan laporannya sebagai salah satu butir unsur dalam pengajuan kenaikan pangkat/jabatan.
Bukti penolakan laporan program PTK terlihat pada Penetapan Angka Kredit (PAK). Pada kolom penilaian unsur pengembangan profesi tertera angka 0. Itu berarti PTK yang dibuat dengan susah payah, berkorban dana dan waktu, tidak diterima atau ditolak tim penilai.
Sebagai guru, kita meyakini bahwa tim penilai angka kredit jabatan guru telah bekerja secara profesional dalam menilai dokumen laporan PTK yang menyertai usul kenaikan pangkat/jabatan guru..
Penolakan terhadap laporan program PTK mengatakan adanya kekurangan dalam dokumen laporan tersebut. Laporan PTK yang kita usikan belum memenuhi kriteria yang ditetapkan tim penilai.
Namun demikian guru jangan berputus asa dalam melakukan program pengembangan profesi. Selalu berusaha untuk memenuhi kriteria sebuah laporan program PTK agar diterima oleh tim penilai sehingga memperoleh kredit poin.
Prosedur dan langkah program PTK dilakukan dengan benar. Begitu pula penulisan laporan program PTK, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta ilmiah. Yang tak kalah penting yaitu sistematika penyusunan laporan program PTK.
Upaya spesifik yang perlu diperhatikan dalam penulisan laporan PTK agar diterima oleh tim penilai mengacu pada 5 poin berikut ini:
1.Judul laporan PTK
Judul laporan PTK sepertinya sangat menentukan diterima atau ditolak sebuah laporan program PTK. Usahakan judul PTK mengandung karakter yang mewakili rangkaian program PTK secara keseluruhan.
Paling tidak, judul laporan PTK harus menggambarkan:
a) problem apa yang tidak beres telah terjadi pada konsep/tema/pokok bahasan tertentu,
b).tindakan apa yang telah dilakukan mengatasi masalah,
c) siswa kelas berapa yang mengalami problem dan,
d) di sekolah mana proses PTK dilaksanakan
Berikut ini disajikan 2 referensi judul PTK :
a.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Listrik Statis dengan Media Charta di Kelas 9 A SMP Negeri 4 Lintau Buo
b.Peningkatan Penguasaan Siswa terhadap Materi Listrik Dinamis Melalui Metode Resitasi di Kelas IX B SMP Negeri 4 Lintau Buo
2.Guru harus sebagai peneliti internal
Sebagai peneliti internal, guru harus melakukan sendiri program PTK di kelas dimana ia mengajar. Jika guru mengajar di kelas IX A, B dan C maka PTK juga dilaksanakan di antara 3 kelas tersebut. Tentunya tidak boleh PTK dilaksanakan di kelas IX D.
3.Langkah dan prosedur PTK
PTK memiliki langkah dan prosedur yang khas yang membedakannya dengan jenis penelitian lainnya. PTK juga berbeda dengan jadwal remedial dan pengayaan yang sering dilakukan oleh guru.
a.PTK memiliki beberapa siklus, setiap siklus terdiri lebih dari satu kali pertemuan. Adanya siklus dalam rangkaian PTK bertujuan untuk melihat adanya perubahan final tindakan atau perlakuan dalam PTK. Minimal ada tiga siklus dan tidak termasuk pra-siklus.
b.PTK memiliki pra-siklus, dimana pra-siklus yaitu penelitian eksperimen. Hasil prasiklus dijadikan sebagai variabel kontrol sedangkan hasil siklus pertama merupakan variabel eksperimen.
c.Setiap siklus sebaiknya terdiri dari dua atau tiga kali pertemuan.
4.Kelengkapan data pendukung
Dokumen laporan program PTK harus melampirkan data pendukung yang lengkap untuk keabsahan program PTK yang dilakukan guru. Dokumen kelengkapan data pendukung yang dilampirkan antara lain, surat izin PTK dari kepala sekolah, dokumen persiapan pembelajaran setiap siklus, instrumen PTK, hasil mencar ilmu siswa, dan lain sebagainya.
5.PTK harus diseminarkan
Ketentuan yang terakhir ini pada awalnya belum ada sehingga tidak banyak guru yang mengalami kendala saat mengajukan laporan PTK sebagai unsur pengembangan profesi guru.
Namun sejak beberapa tahun belakangan, ketentuan laporan program PTK diseminarkan agak menyulitkan guru. Kenapa tidak? Untuk satu penyajian seminar harus di hadapan minimal 15 orang guru dan minimal dari 3 sekolah yang berbeda.
Namun demikian, guru perlu menyikapi persyaratan tersebut jikalau ingin mengajukan usul kenaikan pangkat khususnya unsur pengembangan profesi guru.
Dokumen yang perlu dilampirkan berkaitan dengan program seminar antara lain, usul seminar, daftar hadir peserta, foto program dan lainya, dilampirkan sebagai bukti fisik yang dilampirkan saat pengajuan kenaikan pangkat guru.

Posting Komentar untuk "Strategi Agar Laporan Ptk Guru Diterima Tim Penilai"