Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru Itu Disainer Pembelajaran

Guru itu disainer pembelajaran - Seorang guru menenteng tas besar dan berat memasuki kelas. Ada laptop, buku pegangan guru dan sejumlah buku perangkat pembelajaran di dalam tas itu. Di dalam kelas semua isi tas dikeluarkan dan memenuhi meja guru di depan kelas.

Dalam pemandangan sehari-hari di sekolah, itu tidak lagi menjadi hal yang asing. Konon itu menjadi salah satu ciri khas guru profesional. Sebaliknya akan menjadi ajaib jikalau seorang guru tidak membawa perangkat apapun ke dalam kelas. 


 Seorang guru menenteng tas besar dan berat memasuki kelas Guru Itu Disainer Pembelajaran

Yang dibawa guru ke dalam kelas hanya alat tulis dan beberapa catatan kecil di kantong celana. Ini menjadi salah satu tanda guru tidak profesional alias amatiran. Benarkah?

Memang, mengajar itu bergotong-royong ialah menerapkan rancangan atau disain pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Rancangan pembelajaran tersebut disusun dalam bentuk perangkat tertulis yang dikenal dengan perangkat mengajar.

Namun dalam praktik sehari-hari, sering kali terjadi penyimpangan antara disain pembelajaran dengan pelaksanaannya. Proses yang dijalankan guru tidak sesuai dengan disain yang telah dibuat sebelumnya. Mengapa?

Penyebab kegagalan guru tidak mampu melaksanakan programnya dengan baik lantaran kondisi kelas kurang kondusif. Untuk memarahi dan menasihati siswa saja, sudah habis waktu sekian menit. Hal ini dialami oleh guru yang kurang dapat menguasai dinamika kelas dengan baik.
Guru sudah capek menyusun perangkat pembelajaran dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kegiatan perancangan yang dilakukan antara lain; menetapkan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, materi pelajaran, seni manajemen dan metode, serta penilaian pembelajaran. 

Namun apa hendak dinyana,  RPP  itu hanya menjadi acara benda mati belaka. Bahkan hanya sekadar bukti fisik bahwa guru sudah merancang pembelajaran atau menyusun persiapan pembelajaran..

Sebagai disainer pembelajaran, semestinya guru tidak hanya terampil mendisain rancangan pembelajaran untuk melahirkan perangkat mengajar yang bagus. Yang lebih penting lagi ialah guru terampil mendisain perangkat yang mampu diterapkan di ruang kelas. 
Agar mampu dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas, disain pembelajaran yang dibuat guru harus mempertimbangkan kondisi sekolah, aksara siswa dan lingkungan belajar. Jika tidak, perangkat pembelajaran yang elok tidak memiliki kekuatan apa-apa untuk berbagi potensi siswa dalam pembelajaran. 


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Guru Itu Disainer Pembelajaran"