Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Dan Bagaimana Acara Pra-Ptk ?

Apa dan bagaimana program pra-ptk? – Kita sudah memaklumi bahwa pembelajaran di ruang kelas bersifat dinamis. Interaksi (hubungan timbal balik) antara guru dengan siswa, siswa dengan sumber belajar. (Pasti) akan menjadikan pernak-pernik kejadian yang berujung kepuasan maupun kekecewaan.

Tidak hanya di pihak guru, siswa sebagai subjek sekaligus objek pembelajaran tak luput dari dinamika pembelajaran tersebut. Artinya, permasalahan akan selalu muncul sebagai imbas dinamika sebuah pembelajaran. Tidak seorang pun guru yang luput dari permasalahan dalam mengajar, sekalipun itu guru berjuluk guru profesional.

 Kita sudah memaklumi bahwa pembelajaran di ruang kelas bersifat dinamis Apa Dan Bagaimana Aktivitas Pra-Ptk ?
Ilustrasi : matrapendidikan.com

Yang dituntut dari guru profesional yaitu kepekaan dalam menanggapi permasalahan pembelajaran yang telah dijalankan. Dengan rasa peka (iritabilitas) terhadap permasalahn, guru akan meresponnya dalam bentuk tindakan untuk mereduksi permasalahan pembelajaran. 
Baca : Cara Praktis Memulai Kegiatan PTK

#Tahap PTK

Upaya faktual sebagai wujud kepekaan guru terhadap problem pembelajaran yaitu inisiatif untuk mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK). Secara garis besar, PTK dalam pembelajaran dibagi 4 tahap dasar, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan dan refleksi.

Dalam 4 tahap tersebut terdapat beberapa siklus yang berantai. Biasanya setiap siklus terdiri dari lebih sekali pertemuan tatap muka di kelas. Kegiatan pada siklus 2 merupakan kelanjutan dari siklus sebelumnya. Begitu seterusnya…Dengan rantai siklus ini akan sanggup diamati perkembangan tindakan guru dalam memecahkan problem pembelajaran.

#Kegiatan pra-PTK

Pembahasan dalam artikel ini bahwasanya berawal dari permintaan rekan guru melalui akun facebook.

Kami telah berusaha untuk membahas lebih detail wacana pra-PTK namun berdasarkan kemampuan kami yang terbatas soal PTK, mungkin saja belum memuaskan rekan kami tersebut maupun rekan guru lainnya.
 
PTK diawali dengan program awal yang disebut dengan pra-PTK.  Kegiatan ini bahwasanya sangat penting dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan PTK. Sulit untuk mengadakan PTK kemudian menyusun laporannya tanpa tahap pra-PTK.
Esensi program pra-PTK yaitu untuk menentukan makna dan arah program PTK yang sesungguhnya.

Kegiatan pra-PTK tidak termasuk dalam siklus-siklus PTK sehingga disebut juga dengan program pra-siklus. Apa yang dilakukan guru pada program pra-PTK?

Kegiatan pra-PTK berangkat dari permasalahan pembelajaran yang dirasakan guru. Permasalahan tersebut  dirasakan sangat “mengganjal” di hati guru. Guru mengagendakan permasalahan tersebut atau menyusunnya menjadi daftar pertanyaan sehingga ditemukan sekian butir pertanyaan penting: Misalnya begini:

-Masalah apa yang telah terjadi dengan proses atau hasil berguru siswa.

-Apakah problem tersebut perlu diatasi segera?

-Kalau tidak diatasi, apa akibatnya?

-Apa yang menjadikan problem atau ketidakberesan yang dirasakan guru? Atau, mengapa problem ini terjadi?

-Apa yang harus dilakukan guru untuk mengatasi ketidakberesan itu?

-Bagaimana cara mengatasi problem tersebut?

-Data apa yang dibutuhkan dan bagaimana cara mengumpulkan data untuk mengatasi problem tersebut?

Nah, berdasarkan rangkaian pertanyaan tersebut, guru sanggup mengarahkan tahapan pra-PTK sesuai  tahap pra-PTK  berikut ini:  

a.Identifikasi masalah
b.Analisa masalah
c.Rumusan masalah
d.Rumusan hipotesa tindakan
Bertolak dari program pra-PTK tersebut, guru sanggup merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, mengamati tindakan dan merefleksi tindakan yang telah dilakukan untuk mengatasi problem yang dihadapi dalam pembelajaran.


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Apa Dan Bagaimana Acara Pra-Ptk ?"