Memberdayakan Model Pembelajaran Forum Diskusi Kelas
Memberdayakan model pembelajaran lembaga diskusi kelas – Ada pepatah lama yang menarik untuk dicermati kembali. Tidak satu jalan ke Roma! Kiranya pepatah ini sangat pantas dianut oleh setiap guru untuk berinovasi dan berkreasi dalam menjalankan pembelajaran di ruang kelas.
Berinovasi dan berkreasi dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mengatasi perkara pembelajaran yang sering dihadapi. Kadang-kadang perangkat pembelajaran telah disusun sebagus mungkin namun mengalami kendala dalam pelaksanaannya di ruang kelas. Itu mengambarkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dibuat guru belum aplikabel.
Berinovasi dan berkreasi dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mengatasi perkara pembelajaran yang sering dihadapi. Kadang-kadang perangkat pembelajaran telah disusun sebagus mungkin namun mengalami kendala dalam pelaksanaannya di ruang kelas. Itu mengambarkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dibuat guru belum aplikabel.
Sebagai pengajar, pendidik dan pelatih dalam pendidikan, guru mampu memilih dan melaksanakan strategi, metode, teknik dan model pembelajaran yang mampu diterapkan dengan baik di ruang kelas. Dapat diterapkan artinya sesuai dengan kondisi bagaimana karakter siswa di ruang kelas dan sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia.
Kalau begitu, jelaslah bagi kita bahwa tidak satupun strategi, metode pembelajaran, teknik dan model pembelajaran yang dianggap paling bagus, kecuali yang sesuai dengan:
(a). karakteristik materi pelajaran,
(b). kondisi siswa dan
(c). ketersediaan sumber dan alat belajar.
(a). karakteristik materi pelajaran,
(b). kondisi siswa dan
(c). ketersediaan sumber dan alat belajar.
Barangkali, hal inilah yang menjadi alasan para andal pendidikan. Banyak yang menyarankan kepada guru untuk menggunakan multi-metode dalam pembelajaran. Masalahnya, sejauh mana penemuan dan kreativitas guru untuk membaca strategi, metode, teknik dan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi di ruang kelas.
Forum diskusi kelas
Salah satu metode yang dianggap baik dan bersifat universal ialah metode diskusi kelompok. Metode ini mampu diterapkan dengan teknik pembelajaran yang mengarah pada model lembaga diskusi yang lazim digunakan oleh masyarakat dalam bermusyawarah.
Pada lembaga diskusi kelas, semua siswa berhak untuk mengeluarkan pendapat, berkomentar, bertanya, menjawab pertanyaan dan dan mempertanyakan balasan dari temannya. Semuanya itu dilakukan oleh siswa dengan mengikuti aturan yang diberikan oleh guru.
Untuk menerapkan ini, harus ada tata tertib dan aturan berdiskusi. Bahan atau materi pelajaran yang akan didiskusikan terperinci dan tertata dengan baik. Dengan perumusan hal-hal pokok ini guru akan simpel dalam mengelola lembaga diskusi siswa.
Manfaat utama lembaga diskusi kelas bagi siswa antara lain, merangsang motivasi siswa untuk menggali, memahami dan mencari alternatif pemecahan perkara yang sedang didiskusikan.
Selain itu, dan ini yang lebih penting, dengan model pembelajaran lembaga diskusi, siswa dilatih untuk mengemukakan pendapat dimuka umum dengan cara dan bahasa yang santun. Berargumentasi dan bertutur kata di depan orang banyak dengan baik dan sopan, saling menghargai, tidak saling menghujat dan saling menyalahkan.
Selain itu, dan ini yang lebih penting, dengan model pembelajaran lembaga diskusi, siswa dilatih untuk mengemukakan pendapat dimuka umum dengan cara dan bahasa yang santun. Berargumentasi dan bertutur kata di depan orang banyak dengan baik dan sopan, saling menghargai, tidak saling menghujat dan saling menyalahkan.
Berdasarkan uraian di atas mampu disimpulkan bahwa model pembelajaran forum diskusi kelas berbagai manfaatnya untuk perkembangan sikap dan kepribadian siswa. Oleh sebab ialah itu guru perlu memberdayakan model pembelajaran ini dalam menjalankan pembelajaran di ruang kelas.

Posting Komentar untuk "Memberdayakan Model Pembelajaran Forum Diskusi Kelas"