Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keterkaitan Konsep Ciri Makhluk Hidup

Keterkaitan konsep ciri makhluk hidup – Konsep pelajaran IPA, terutama jenjang SMP/MTs saling berafiliasi satu sama lainnya. Di samping itu materi pelajaran eksakta ini saling berkelanjutan.


MTs saling berafiliasi satu sama lainnya Keterkaitan Konsep Ciri Makhluk Hidup

Konsep pelajaran IPA ( Fisika dan Biologi) yang dipelajari di kelas VII akan dipelajari dan diperdalam pada tingkat kelas berikutnya. Sebagai contoh, konsep ciri makhluk hidup. Materi IPA Biologi ini akan dikembang di tingkat kelas berikutnya, kelas VIII dan kelas IX.

Oleh alasannya yaitu itu, konsep dasar pelajaran IPA di kelas VII harus benar-benar pahami oleh siswa. Namun kenyataannya, banyak siswa  yang  kurang memperhatikan fakta ini. Kalau sudah naik kelas VIII, materi kelas VII dilupakan. Begitu pula kalau sudah duduk di kelas IX, materi kelas VII dan VIII diabaikan.

Ketika ditanya ciri-ciri makhluk hidup di kelas VIII atau kelas IX, sering siswa merasa ragu dan kebingungan untuk menjawabnya. Padahal yang ditanya guru yaitu materi pelajaran kelas VII.

Pada kesempatan ini, diungkap diam-diam materi ciri makhluk hidup dan kaitannya dengan pelajaran IPA Biologi kelas VIII dan IX.

Ada 9 ciri makhluk hidup menyerupai yang pernah dipelajari di kelas VII.

1.Bernapas

Pada manusia, bernapas yaitu proses pengambilan gas oksigen (O2) dan pengeluaran gas karbondioksida (CO2). Konsep pernapasan ini ditemukan lagi di kelas VIII melalui konsep sistem pernapasan. Sementara di kelas IX, insiden pernapasan ini berkaitan dengan pembahasan konsep sistem ekskresi.

Paru-paru menjadi salah satu organ ekskresi disamping berfungsi sebagai alat pernapasan pada manusia. Paru-paru mengeluarkan gas karbondioksida (CO2) dan uap air (uap H2O).

2.Bergerak

Semua makhluk hidup melakukan gerak dengan alat gerak tertentu. Manusia bergerak dengan sistem gerak menyerupai tulang, sendi dan otot. Ini dipelajari juga di kelas VIII melalui konsep sistem gerak. Selain gerak pada manusia, juga dipelajari gerak hewan dan tumbuhan.

3.Memerlukan makanan

Makhluk hidup memerlukan nutrisi yang bersumber dari lingkungannya. Proses pencernaan kuliner pada insan dipelajari di kelas VIII melalui konsep Sistem pencernaan makanan. Begitu pula pada hewan yang memiliki sistem pencernaan tersendiri.

4.Tumbuh dan berkembang

Ciri makhluk hidup lain yaitu tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan berkaitan dengan volume atau kapasitas fisik. Sedangkan perkembangan berkaitan dengan proses pendewasaan individu. Hal ini dipelajari pada konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII.

5.Berkembangbiak

Ciri makhluk hidup berkembangbiak akan diperdalam di kelas IX melalui konsep sistem reproduksi insan dan konsep perkembangbiakan makhluk hidup. Sistem reproduksi melibatkan organ reproduksi pria dan wanita.

6.Peka terhadap rangsangan (iritabilitas)

Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk menanggapi rangsangan luar. Topik ini ditemukan di kelas IX dengan judul sistem koordinasi. Sistem koordinasi insan terdiri dari sistem saraf, sistem indra dan sistem hormon.

7.Beradaptasi

Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, makhluk hidup sanggup beradaptasi dengan lingkungannya. Misalnya dengan pembiasaan morfologis, fisiologis dan pembiasaan tingkah laku.

8.Koordinasi

Makhluk hidup membentuk sistem koordinasi atau pengendalian oleh sistem saraf. Ini ditemukan pada konsep sistem koordinasi dan sistem indra di kelas IX.

9.Ekskresi

Makhluk hidup melakukan ekskresi (pengeluaran) sisa metabolisme tubuh. Sisa metabolisme pada insan dikeluarkan melalui defekasi, ekskresi dan sekresi. Materi ini dijumpai di kelas IX dengan konsep sistem ekskresi pada manusia.


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Keterkaitan Konsep Ciri Makhluk Hidup"