Cara Belajar Kelompok Siswa Aktif
Cara berguru kelompok siswa aktif - Dalam belajar, siswa diperlukan aktif untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Salah satu metode biar siswa aktif dalam berguru ialah metode berguru kelompok.
Kalau bicara soal berguru kelompok, tentu sudah tidak gila lagi di pendengaran kita. Belajar kelompok yaitu salah satu cara berguru yang cukup baik dan efektif. Dengan berguru kelompok, siswa dituntut untuk terlibat dalam menunjukkan ide, pendapat, atau gagasan ihwal suatu topik yang dibahas. Baca kembali : Metode Diskusi Kelompokdalam Pembelajaran
Dalam berguru kelompok, pasti akan terjadi perbedaan pemikiran atau pendapat. Itu hal yang wajar, namun kemudian perbedaan pendapat itulah yang didiskusikan untuk mencapai kata mufakat. Pepatah Minang memberikan :
Basilang kayu dalam tungku
Disinan api mangko hiduik
Disitu nasi mangko masak
Dalam Bahasa Indonesia yaitu :
Bersilang kayu dalam tungku
Disana api akan hidup
Disana nasi akan masak
Maksud dari pepatah di atas adalah, dalam bermusyawarah ataupun berguru kelompok, akan terjadi silang pendapat. Jika tidak ada silang pendapat di antara anggota kelompok, maka kita tidak akan mampu mencapai kata mufakat.
Dengan adanya persilangan pendapat, semua anggota diminta untuk mengeluarkan isi pikirannya masing-masing. Ini bertujuan biar sehabis suatu keputusan ditetapkan, tidak ada lagi yang merasa rugi atau dirugikan. Maka dari itu, persilangan pendapat antar anggota kelompok merupakan suatu hal yang harus demi tercapainya kata mufakat.
Banyak sekali cara berguru yang mampu diterapkan guru pada siswa untuk berguru kelompok. Tujuannya biar siswa aktif dalam kelompok tersebut. Berikut yaitu langkah dan cara berguru kelompok siswa aktif:
1.Buatlah beberapa kelompok yang masing-masing anggotanya terdiri dari 4-7 orang.
2.Pilihlah salah satu dari anggota kelompok tersebut untuk menjadi juru bicara (jubir).
3.Berilah nama kelompok sesuai dengan topik yang akan dibahas nya. Contohnya ialah kelompok mata, kelompok hidung, kelompok telinga, kelompok lidah, kelompok kulit, dan lain sebagainya. Simak juga: Teknik Mengajar Gado-gado dan Manfaatnya
4.Suruhlah siswa untuk membuat 10 pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya.
5.Setelah semua kelompok selesai membuat pertanyaan, maka pilihlah salah satu kelompok untuk membacakan pertanyaannya untuk ‘dilempar’ pada salah satu kelompok lain (dijawab oleh kelompok lain).
6.Jika telah dijawab oleh kelompok tersebut, tetapi ada perbedaan pendapat ihwal jawabannya dengan kelompok yang lain, maka boleh bertanya, memberi tanggapan, memberi sanggahan, memberi saran, maupun memberi tanggapan yang berbeda menurut pendapat masing-masing kepada kelompok yang menjawab tadi.
7.Setelah aneka macam pendapat dari semua kelompok dikumpulkan, maka akan dibuat suatu kesimpulan mengenai tanggapan dari pertanyaan tadi.
8.Jika pertanyaan pertama sudah selesai dijawab, maka dilanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Begitu seterusnya, sampai seluruh butir pertanyaannya tuntas dijawab.
Mungkin itulah beberapa langkah dan cara untuk berguru kelompok siswa aktif. Dengan menggunakan cara di atas, semua siswa akan terlibat aktif untuk menawarkan pendapat dan berani bicara atau tampil di depan umum. Sempatkan juga menyimak yang ini : 5 TipsAgar Tampil Percaya Diri Tampil di Depan Kelas
(*Penulis : Difo Faizi Pratama)
(*Penulis : Difo Faizi Pratama)

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Kelompok Siswa Aktif"