Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangan Menyusun Perangkat Mengajar

Pertimbangan menyusun perangkat mengajar – Perangkat mengajar merupakan dokumen tertulis seorang guru dalam melakukan proses pendidikan di sekolah. Dokumen ini menjadi panduan operasional bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Oleh alasannya yaitu yaitu itu, secara administratif guru harus memiliki buku perangkat mengajar.

Pertimbangan menyusun perangkat mengajar Pertimbangan Menyusun Perangkat Mengajar

Perangkat mengajar dibuat guru pada awal tahun pelajaran sesudah melakukan lokakarya sekolah. Dalam lokakarya ditetapkan pembagian kiprah guru dalam proses berguru mengajar (PBM) sehingga guru mengetahui dengan jelas, kelas yang diajar maupun jumlah jam mengajarnya.

Berangkat dari pembagian kiprah inilah guru memulai menyusun perangkat mengajar. Bagaimana langkah dan prosedur menyusun perangkat mengajar? (1). memahami kurikulum (2). menterjemahkan kurikulum (3). mendisain perangkat mengajar (4). membuat dokumen mengajar permanen. Simak kembali: Strategi Menyusun Perangkat Pembelajaran

Secara prinsipil, apapun kurikulum yang berlaku dalam pendidikan, menyusun perangkat mengajar haruslah mempertimbangkan hal berikut ini:

1.Isi kurikulum

Langkah pertama yang dilakukan yaitu menafsirkan isi kurikulum.  Menterjemahkan maksud dan tujuan yang terkandung dalam kurikulum pendidikan. Tentu saja semua guru perlu memiliki buku perangkat kurikulum sehingga bisa membaca dan memahami pesan-pesan kurikulum tersebut. Berangkat dari hal inilah, guru akan sanggup mendisain perangkat mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang diasuh. Lihat juga: Guru Sebagai Operator Kurikulum

2.Karakter anak didik

Hasil penafsiran sebuah kurikulum tidak selalu sanggup diterapkan mentah-mentah di sekolah kawasan bertugas. Pertimbangan menyusun perangkat mengajar yaitu bagaimana kondisi peserta didik , yang meliputi; karakter siswa, kemampuan rata-rata siswa di sekolah (nilai siswa), sosial budaya lingkungan siswa, dan lain sebagainya.

3.Sumberdaya sekolah

Sebagus apapun kurikulum yang berlaku, selengkap bagaimanapun perangkat mengajar yang disusun guru. Belum berarti banyak jikalau tidak mempertimbangkan segala sumberdaya yang dimiliki oleh sekolah. Mengapa demikian? Perangkat mengajar yang dirancang sedemikian rupa tidak sanggup diimplementasikan dalam pembelajaran jikalau sarana dan prasarana tidak mendukung.

Oleh alasannya yaitu yaitu itu, pertimbangan yang tak kalah penting dalam menyusun perangkat mengajar yaitu ketersediaan fasilitas, alat dan media, serta sumber berguru di sekolah. Jika memang semua sumberdaya sekolah terbatas maka guru tak perlu menyusun perangkat mengajar yang muluk-muluk. Juga tidak perlu menyusun perangkat mengajar dengan meniru perangkat mengajar di sekolah lain.

Selain itu, sumberdaya yang dimiliki oleh sekolah akan menentukan bagaimana taktik dan metode mengajar yang akan digunkan oleh guru. Pendekatan keterampilan proses misalnya, tidak mungkin digunakan jikalau sarana berguru tidak memadai. Begitu pula metode eksperimen yang memerlukan banyak sekali alat dan bahan belajar. Tidak sanggup diterapkan jikalau sumberdaya sekolah tidak mendukung metode ini. Baca juga: Pertimbangan Memilih Metode Pembelajaran



Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Pertimbangan Menyusun Perangkat Mengajar"