Media Belajar Fisika: Tersedia Di Ruang Kelas
Media berguru fisika: tersedia di ruang kelas – Media ialah alat bantu bagi guru untuk memperlihatkan materi pelajaran kepada siswa. Sebagai alat bantu pembelajaran, media memiliki banyak manfaat. Bagi guru maupun manfaat untuk siswa.
Pada hakikatnya manfaat media belajar adalah memperlancar proses berguru dan mengajar. Media mempermudah guru untuk memperlihatkan materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran mampu dicapai secara optimal.
Bagi siswa, media berguru mampu memusatkan perhatian siswa pada materi pelajaran yang sedang dibahas. Selain itu akan merangsang minat siswa untuk mengetahui lebih dalam perihal materi yang sedang dipelajari. Materi pelajaran yang bersifat absurd mampu dikonkritkan melalui penggunaan media.
Manfaat mirip uraian di atas juga berlaku untuk mata pelajaran fisika. Bagi suatu sekolah yang memiliki media berguru yang memadai, pembelajaran fisika dipastikan akan berjalan menarik dan menyenangkan bagi siswa. Namun bukan mustahil hal itu juga mampu diterapkan di sekolah yang terbatas media pembelajarannya.
Disinilah pentingnya usaha dan kreativitas guru untuk memanfaatkan semua benda dan materi yang ada di ruang kelas untuk dipilih menjadi media berguru fisika. Mari kita olah satu per satu:
1.Papan tulis
Di ruang kelas ada papan tulis. Papan tulis termasuk media untuk menulis materi pelajaran. Lebih dari itu, papan tulis mampu diajdikan kawasan membuat gambar atau ilustrasi materi pelajaran. Dalam hal ini guru harus terampil merancang dan menggambar objek tertentu yang sesuai materi pelajaran di papan tulis.
2.Penghapus papan
Penghapus papan tulis, bahu-membahu mampu dijadikan sebagai media pada pelajaran gerak, misalnya. Dengan tambahan map bolos atau buku acara kelas, mampu digunakan sebagai media pada hukum kelembaman (Hukum I Newton). Ini sangat menarik dimanfaatkan meskipun hanya dalam bentuk sederhana.
Taruh penghapus di atas buku agenda, kemudian tarik perlahan-lahan buku acara dengan arah mendatar. Penghapus akan ikut bersama buku acara yang ditarik. Kemudian tarik buku acara secara mendadak. Apa yang terjadi?
3.Perlengkapan di meja guru
Setiap kelas memiliki perlengkapan mirip buku agenda, daftar absensi, bunga, ember, alas meja. Semua itu mampu digunakan untuk menjelaskan materi gaya, tekanan dan gerak. Semua perlengkapan ini mampu dialihfungsikan untuk sementara dalam pembelajaran fisika di ruang kelas.
4.Perlengkapan siswa
Apa yang dimiliki oleh siswa saat belajar? Mistar atau rol, jarum peniti, tas sekolah, cermin hias dan lain sebagainya, mampu digunakan untruk media berguru fisika. Rol plastik dan sobekan kertas kecil yang digosok dengan rambut siswa yang kering akan bermuatan listrik negatif. Buktinya, rol plastik mampu menarik sobekan kertas kecil. Ini ialah media pelajaran listrik statis.
5.Cermin hias
Cermin hias siswa, mistar, selembar kertas buku dan jarum peniti siswa mampu digunakan sebagai media pelajaran sifat bayangan cermin datar pada konsep pemantulan cahaya. Begitu seterusnya… benda dan perlengkapan lain yang ada di kelas untuk dijadikan media pembelajaran fisika.
Tidak rumit, bukan? Sekali lagi, kekurangan dan keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran bergotong-royong mendorong kita untuk memberdayakan segala benda/materi yang ada pada ruang kelas, termasuk segala sesuatu yang dikenakan oleh guru.
Tidak rumit, bukan? Sekali lagi, kekurangan dan keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran bergotong-royong mendorong kita untuk memberdayakan segala benda/materi yang ada pada ruang kelas, termasuk segala sesuatu yang dikenakan oleh guru.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Media Belajar Fisika: Tersedia Di Ruang Kelas"