Bagaimana Pendidikan Keinginan Di Periode Depan?
Bagaimana pendidikan harapan di masa depan? – Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembentukan sumberdaya manusia. Dapat dikatakan jika kemajuan suatu bangsa tergantung pada bagaimana bangsa itu membangun sumberdaya manusianya menjadi berkualitas.
Pada hakikatnya sumberdaya insan yang bermutu dalam konteks pembangunan Indonesia ialah insan yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, sikap dan akal pekerti yang baik serta memiliki keterampilan handal.
Tentu saja, penerapan konsep sumberdaya insan berkualitas butuh waktu dan proses yang panjang. Namun prinsipnya ialah secara bertahap, berangsur-angsur, berkelanjutan dan terorganisir dengan baik.
Sasarannya ialah membenahi manajemen dan proses pendidikan itu sendiri. Sampai saat ini, aneka macam upaya telah, sedang dan akan dilakukan untuk mewujudkan manajemen pendidikan yang berkualitas. Dengan manajemen berkualitas dibutuhkan terciptanya proses pendidikan yang berkualitas pula.
Lalu, bagaimana pendidikan yang kita impikan di masa depan? Untuk menganalisa harapan ini kita perlu menelisik beberapa komponen yang berkaitan dengan proses pendidikan, terutama sekali pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berikut ialah komponen penting memabangun pendidikan harapan di masa depan.
1.Guru
Guru ialah ujung tombak pendidikan. Pahlawan insan cendikia ini berinteraksi pribadi dengan anak didik melalui pembelajaran di ruang kelas. Oleh lantaran ialah itu guru harapan di masa depan ialah guru profesional, merdeka berpikir dan kreatif.
Profesional berarti menguasai dan kompeten di bidang tugasnya. Merdeka berpikir dalam pengertian bebas berinovasi, bebas dari tekanan dan desakan. Pendek kata, tidak banyak beban psikologis maupun beban fisik. Kreatif berarti memiliki naluri kreativitas yang tinggi dalam menjalankan pembelajaran.
2.Kurikulum
Kurikulum memang harus sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Artinya, kurikulum pendidikan harus dapat mengakomodasi perkembangan dunia terkini. Namun kurikulum harapan di masa depan ialah kurikulum yang permanen, tidak sering digonta-ganti, diutak-atik.
Guru merasa nyaman dan tidak kebingungan dengan kurikulum yang ada. Bagaimana pun, kurikulum itu akan dioperasikan secara ril oleh guru melalui pembelajaran.
3.Pembelajaran
Pembelajaran itu bekerjsama bentuk operasional dari sebuah kurikulum. Tidak berarti apa-apa sebuah kurikulum tanpa dioperasionalkan oleh guru melalui pembelajaran.
Pembelajaran harapan masa depan ialah pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa maupun guru. Dengan demikianj, tujuan pembelajaran tercapai dan hasil pembelajaran mampu dimiliki dan dirasakan oleh siswa.
4.Sarana pendidikan
Sarana pendidikan harapan masa depan meliputi kelengkapan fasilitas dan alat/bahan belajar. Dengan sarana pendidikan yang memadai akan membuat guru garang mengajar, kurikulum mampu dijalankan sebagaimana mestinya, pembelajaran berlangsung efektif dan efisien.
5.Partisipasi orangtua siswa
Pendidikan di sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak sekolah dan pemerintah. Namun partisipasi orangtua siswa ikut menentukan keberhasilan sekolah dalam memajukan pendidikan.
Anak memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga di rumah. Perhatian dan kepedulian orangtua sangat berpengaruh terhadap proses berguru anak di rumah maupun di sekolah.
Itulah 5 aspek penting dalam mewujudkan pendidikan impian di masa depan.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Bagaimana Pendidikan Keinginan Di Periode Depan?"