8 Upaya Wujudkan Pembelajaran Yang Menggairahkan
8 Upaya wujudkan pembelajaran yang menggairahkan – Situasi dan kondisi di ruang kelas sangat berperan dalam menunjang kelancaran pembelajaran. Sering gairah berguru siswa maupun semangat guru baru untuk mengajar ditentukan bagaimana suasana pembelajaran yang dijalankan.
Mewujudkan pembelajaran yang menggairahkan, tentunya tidak semudah membalik telapak tangan. Pun tidak semudah mengatakannya dalam konsep-konsep teori yang ada. Berbagai kendala dan hambatan, disadari atau tidak, kendala itu akan muncul dan mengganggu kelancaran pembelajaran terutama guru pemula. Selanjutnya sanggup dibaca: Prinsip Dasar Mengajar Bagi Calon Guru
Oleh karena itu, guru baru atau pemula perlu berguru terus-menerus. Belajar bagaimana cara mengupayakan terciptanya pembelajaran yang menggairahkan. Mari kita berguru bersama melalui konsep cara berikut ini.
1.Persiapkan fisik dan psikis siswa
Mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis mutlak dilakukan sebelum memulai program berguru mengajar. Menyiapkan siswa melalui komando ketua kelas, kemudian berdoa, merupakan langkah utama dalam menyiapkan siswa untuk belajar.
Jika ada siswa yang masih kusuk-kasak tak menentu, sebaiknya tunggu terlebih dulu. Usahakan untuk tidak tergesa-gesa memulai program pembelajaran. Yang lebih penting, jangan takut jika bahan pelajaran akan tertinggal oleh cara mirip ini.
Cara ini lebih baik daripada memulai pelajaran namun siswa tidak siap belajar.
Cara ini lebih baik daripada memulai pelajaran namun siswa tidak siap belajar.
2.Mulai dari hal sederhana
Memberikan bahan pelajaran dimulai dari hal sederhana, mengaitkan bahan pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari. Menceritakan contoh-contoh sederhana insiden sosial dan alam di sekitar siswa.
Ini bertujuan mempersiapkan struktur kognitif siswa dalam mendapat perkara berguru yang lebih rumit.
Ini bertujuan mempersiapkan struktur kognitif siswa dalam mendapat perkara berguru yang lebih rumit.
3.Selingan dan penyegaran
Selingan dalam pembelajaran bukan berarti keluar dari topik pelajaran yang sedang dibahas. Selingan ini bertujuan untuk menciptakan penyegaran dan memperkuat motivasi berguru anak.
Misalnya, menyelipkan kisah atau dongeng menarik yang sesuai dengan topik pelajaran. Cara penyampaian bahan selingan yang menarik ini akan me-refresh suasana belajar.
Misalnya, menyelipkan kisah atau dongeng menarik yang sesuai dengan topik pelajaran. Cara penyampaian bahan selingan yang menarik ini akan me-refresh suasana belajar.
4.Materi bervariasi
Belajar mengemas bahan dalam buku pelajaran menjadi paket yang menarik sangat berarti dalam mewujudkan pembelajaran yang menggairahkan. Ada bahan yang mesti dimodifikasi sesuai dengan kondisi lingkungan siswa, atau abjad dan taraf kemampuan berpikir sang anak.
Kuncinya adalah bagaimana guru bisa menciptakan bahan yang ada dan sedang dibahas menjadi bervariasi dan menyegarkan.
Kuncinya adalah bagaimana guru bisa menciptakan bahan yang ada dan sedang dibahas menjadi bervariasi dan menyegarkan.
5.Mengendalikan kelas dengan baik
Pembelajaran yang menggairahkan kadang-kadang ditentukan oleh sejauh mana guru sanggup mengendalikan kelas sepenuhnya. Ini kepingan yang cukup sulit namun yang penting adalah guru memusatkan perhatian ke semua siswa.
Wajah dan mata harus sanggup menyapu seisi ruangan sehingga tak satu pun siswa yang luput dari kendali guru. Jangan lupa ikuti: Strategi Mengelola Kelas dengan Baik
Wajah dan mata harus sanggup menyapu seisi ruangan sehingga tak satu pun siswa yang luput dari kendali guru. Jangan lupa ikuti: Strategi Mengelola Kelas dengan Baik
6.Gaya mengajar atraktif
Gaya mengajar seorang guru berbeda satu sama lainnya. Namun guru yang lebih atraktif cenderung menarik perhatian siswa. Tak sanggup dipungkiri, gerak-gerik bibir, hidung, mata, alis mata dan anggota tubuh lainnya adalah sumberdaya yang potensial menarik perhatian siswa.
Selain itu, gaya bicara guru yang penuh semangat akan menghipnotis semangat siswa. Melalui sumberdaya ini siswa sanggup menangkap bagaimana energiknya, lincah dan bersemangatnya guru dalam mengajar.
Selain itu, gaya bicara guru yang penuh semangat akan menghipnotis semangat siswa. Melalui sumberdaya ini siswa sanggup menangkap bagaimana energiknya, lincah dan bersemangatnya guru dalam mengajar.
7.Manfaatkan media yang ada
Apapun bahan dan benda yang ada di dalam ruang kelas, termasuk tubuh guru dan siswa adalah media. Sesuatu yang sanggup menunjang kegairahan siswa dalam belajar. Lebih dari itu adalah memusatkan perhatian siswa pada apa-apa yang dibahas.
Misalnya, guru mengacungkan sebuah penghapus papan tulis. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru ihwal benda ini akan menyita perhatian siswa. Apalagi cara guru mengajukan pertanyaan sangat menarik dan menciptakan siswa tergugah. Simak juga: Manfaat Media dalam Proses Belajar Siswa
Misalnya, guru mengacungkan sebuah penghapus papan tulis. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru ihwal benda ini akan menyita perhatian siswa. Apalagi cara guru mengajukan pertanyaan sangat menarik dan menciptakan siswa tergugah. Simak juga: Manfaat Media dalam Proses Belajar Siswa
8.Guru sentris
Seorang artis bisa menjadi seorang figur sentris. Menjadi perhatian banyak orang. Bahkan, asesoris dan gaya bicara seorang artis sanggup ditiru oleh penggemarnya. Mungkin tidak ada salahnya berguru juga meniru figur artis ini.
Belajar menjadi guru sentris, sanggup menarik perhatian murid di dalam kelas. Walaupun itu hanya sekadar untuk menciptakan suasana berguru yang menggairahkan.
Belajar menjadi guru sentris, sanggup menarik perhatian murid di dalam kelas. Walaupun itu hanya sekadar untuk menciptakan suasana berguru yang menggairahkan.

Posting Komentar untuk "8 Upaya Wujudkan Pembelajaran Yang Menggairahkan"