Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tts Pelajaran Sebagai Media Pembelajaran

TTS pelajaran sebagai media pembelajaran – Media yakni semua sarana/bahan yang digunakan untuk memperlihatkan informasi kepada audiens/pemirsa. Dalam pembelajaran di kelas, penggunaan media/alat peraga akan mempermudah siswa untuk menyerap informasi belajar. Salah satu media pada pembahasan kali ini yakni TTS pelajaran.

TTS pelajaran sebagai media pembelajaran Tts Pelajaran Sebagai Media Pembelajaran

Apa itu TTS pelajaran?
TTS yakni tabel berupa kotak-kotak kosong mendatar dan menurun yang didisain sedemikian rupa. Satu TTS terdiri dari dua komponen. Pertanyaan dan kotak-kotak tempat menjawab pertanyaan. Selanjutnya, penggalan pertanyaan terdiri dari dua kelompok, mendatar dan menurun. Kotak-kotak akhir mendatar dan menurun yang tersedia merupakan lembaran akhir dari semua pertanyaan dan soal yang tersedia.

TTS pelajaran bukanlah strategi ataupun metode pembelajaran. TTS termasuk media visual pembelajaran. Media yang sanggup dilihat dan digunakan untuk memperlihatkan materi pelajaran kepada siswa. Akan tetapi media TTS pelajaran ini hanya dijadikan sebagai alternatif pilihan lantaran alasan tertentu.

Apa Manfaat TTS pelajaran?
Sangat menarik sekiranya guru sekali-sekali, mau memilih TTS sebagai alternatif media pembelajaran. Kenapa demikian? Ternyata, penggunaan TTS pelajaran sangat bermanfaat untuk siswa maupun guru. Manfaatnya antara lain; (a).melatih keterampilan berpikir dan bernalar siswa, (b).menjadi selingan atau variasi untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna, (c).menambah pengetahuan dan wawasan siswa wacana terminologi materi pelajaran tertentu, (d).mengasah kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran.

Apa hambatan/kendala penggunaannya?
Tadi sudah disinggung, media TTS pelajaran digunakan hanya sebagai alternatif pilihan lantaran alasan tertentu. Misalnya, apakah guru mempunyai waktu dan kesempatan untuk menciptakan satu atau beberapa buah TTS yang siap diisi oleh siswa. Merancang dan menciptakan TTS pelajaran sesuai dengan konsep/pokok bahasan yang akan diajarkan membutuhkan waktu yang cukup.

Bagaimana pun, mengisi TTS (khususnya TTS pelajaran) mungkin lebih praktis ketimbang membuatnya. Menciptakan satu atau dua buah TTS pelajaran juga butuh keahlian dan keterampilan. Perlu diakui, penggunaan media TTS dalam pembelajaran tidak semudah dibayangkan.

Apa Solusi penggunaan TTS?
Media TTS pelajaran digunakan pada situasi dan kondisi tertentu saja. Misalnya, saat guru mengetahui  motivasi mencar ilmu siswa menurun. Pembelajaran yang dijalankan cenderung monoton.  Hal ini bertujuan untuk menciptakan selingan dan variasi pembelajaran.

Selain itu, penggunaan media TTS lebih cocok pada saat berlangsungnya kegiatan ekstrakurikuler. Guru mata pelajaran sanggup memilih momen ini dengan menciptakan program lomba mendisai TTS pelajaran atau lomba mengisi TTS pelajaran.
 

Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Tts Pelajaran Sebagai Media Pembelajaran"