Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Penting Mengelola Mading Sekolah

Mengelola mading sekolah – Buletin komunikasi OSIS di sekolah lebih mudah melalui mading (majalah dinding). Proses penerbitannya tidak begitu rumit bagi siswa yang menjadi petugasnya. Cukup menempelkan karya gesekan pena siswa di dinding berupa lemari kaca tersebut setiap sekali seminggu atau sebulan.

Tentu saja berbeda dengan buletin OSIS dalam bentuk buku atau majalah sekolah. Membutuhkan tenaga dan waktu serta biaya untuk menerbitkannya. Selain itu diharapkan juga operator yang berpengalaman. Editor yang punya waktu untuk menyeleksi gesekan pena siswa.

Mading sekolah hanya butuh kemauan dan santunan dari semua pihak yang ada di sekolah. Kemauan untuk membina siswa, terutama pembina OSIS, untuk mengelola mading. Dukungan semua guru untuk mendorong siswa untuk menulis sesuai dengan mata pelajaran yang di asuh.

 Buletin komunikasi OSIS di sekolah lebih mudah melalui mading  Strategi Penting Mengelola Mading Sekolah

Pengelolaan mading bukan hanya kiprah guru mata pelajaran bahasa Indonesia semata, sebagaimana anggapan selama ini. Mata pelajaran bahasa Indonesialah yang relevan dengan kegiatan tulis menulis. Anggapan ibarat itu telah menyulitkan guru bahasa Indonesia dalam mengelola mading sekolah, apalagi di kurun sertifikasi guru yang membuat guru lebih sibuk dengan urusan administrasi dan pembelajarannya.

Sebenarnya, guru mata pelajaran lain, misalnya fisika dan matematika, berperan penting dalam memberdayakan mading sekolah. Dapat mendorong anak untuk menulis sesuatu, ibarat membuat artikel wacana dua mata pelajaran yang dianggap sulit itu.

Tentu saja, keuntungannya juga untuk guru mata pelajaran yang dianggap sulit. Mading sekolah menjadi sarana promosi gratis bagi guru. Melalui gesekan pena siswa di mading sekolah, mata pelajaran tertentu akan meningkat pamornya di mata siswa.

Barangkali ada baiknya para guru juga ikut menulis supaya gesekan pena di mading sekolah tambah ramai. Keterlibatan guru di mading akan menjadi mesiu untuk memicu semangat dan motivasi siswa untuk menulis.

Dan, kita semua sudah tahu, sekecil apapun yang dikatakan atau disuruh kepada siswa tapi diikuti dengan contoh. Niscaya akan dicontoh pula oleh siswa, termasuk menulis di mading sekolah.


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Strategi Penting Mengelola Mading Sekolah"