Menyigi Indikator Artikel Blog Berkualitas
Menyigi indikator artikel blog berkualitas – Sangat sulit menilai sebuah artikel itu berkualitas atau tidak. Namun demikian, sebuah artikel yang ditulis dan disajikan kepada pengunjung adalah artikel yang berkualitas. Berkualitas dari sisi manfaatnya bagi pembaca maupun disukai oleh robot mesin pencari.
Tidak terbantah lagi bahwa tujuan utama penulisan artikel blog diperuntukkan oleh pengunjung. Para pengunjunglah yang akan memanfaatkan artikel itu sesuai dengan kebutuhannya. Jika ada istilah optimasi artikel di mesin pencari, itu hanyalah sarana untuk mengantarkan artikel kepada pengunjung melalui kata kunci yang diketikkannya di browser.
Namun perlu pula kita tandai bersama bahwa kualitas sebuah artikel itu bersifat relatif. Itu tergantung pada kebutuhan dan kondisi pembaca. Bagi penulis artikel misalnya, mungkin artikelnya kurang berkualitas, kurang bermanfaat bagi pengunjungnya.
Boleh jadi berlaku sebaliknya bagi pengunjung. Oleh sebab adalah itu, relativitas kualitas artikel tidak mampu kita kesampingkan.
Boleh jadi berlaku sebaliknya bagi pengunjung. Oleh sebab adalah itu, relativitas kualitas artikel tidak mampu kita kesampingkan.
Ada beberapa indikator sebagai hasil sigian admin matra pendidikan terhadap kualitas sebuah artikel:
1.Keterbacaan artikel
Apakah pengunjung benar-benar menyediakan waktu untuk membaca artikel atau tidak? Atau hanya sekadar membaca penggalan awal atau akhir? Atau juga hanya sekadar untuk meninggalkan komentar?
Untuk menyigi hal ini mampu digunakan sebuah tool, contohnya alexa com. Disana ditampilkan data mengenai bounce rate (rasio pentalan) dan rata-rata waktu kunjung. Asumsi kita,jika porsentase bounce rate blog antara 20 sampai 30 %, itu artikel benar-benar dibaca pengunjung.
Begitu pula bila waktu kunjung rata-rata di atas 5 sekon, itu kita asumsikan pengunjung benar-benar membaca artikel. Keterbacaan artikel cukup tinggi sebagai aba-aba artikel di sebuah blog berkualitas.
Begitu pula bila waktu kunjung rata-rata di atas 5 sekon, itu kita asumsikan pengunjung benar-benar membaca artikel. Keterbacaan artikel cukup tinggi sebagai aba-aba artikel di sebuah blog berkualitas.
Bagaimana dengan jumlah pengunjung dan pageview? Trafik pengunjung cukup tinggi namun pageview sangat rendah. Hasil sigian admin memperlihatkan bahwa pengunjung hanya sekadar mewujudkan rasa penasaran dengan judul yang unik dan menarik. Namun tidak berminat atau merasa tidak punya waktu untuk membuka artikel lain.
2.Jumlah komentar di artikel
Jumlah komentar yang ada di bawah artikel mampu dijadikan indikator bahwa suatu artikel berkualitas bagi pengunjung. Apalagi komentar yang banyak tersebut sesuai dengan pokok pembahasan artikel dan bukan komentar spam.
Namun perlu digarisbawahi, belum tentu semua pemberi komentar akan membaca artikel secara utuh terlebih dulu. Bisa jadi hanya sekadar memperlihatkan komentar sebagai komentar balasan.
3.Menempati halaman pertama
Artikel berkualitas juga mampu dilihat dari hasil pencarian mesin ibarat google. Artikel akan berada di halaman pertama atau kedua halaman pencarian google. Mengapa? Karena artikel yang diposting sangat disukai oleh mesin pencari tersebut.
Akhirnya, artikel ini pun admin tutup dengan sebuah keniscayaan. Apa yang diuraikan di atas juga akan bersifat relatif. Karena semua itu ditulis berdasarkan hasil penyigian yang tidak didasari data outentik.
Terima kasih bila teman juga bersedia memberi masukan dan pencerahan atas hasil sigian di atas.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Terima kasih bila teman juga bersedia memberi masukan dan pencerahan atas hasil sigian di atas.

Posting Komentar untuk "Menyigi Indikator Artikel Blog Berkualitas"