Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kendala Prestasi Belajar Siswa

Mengenal kendala Prestasi Belajar Siswa – Memang tidak praktis untuk meningkatkan prestasi mencar ilmu siswa. Berbagai kendala sering ditemui dalam meraih hasil mencar ilmu yang memuaskan. Bagi siswa sendiri, kendala meraih prestasi mencar ilmu ini kadang-kadang tidak terungkapkan. Artinya, sulit untuk mengenali apa dan bagaimana kesulitan mencar ilmu yang telah dialaminya. Siswa hanya menyadari jikalau prestasi belajarnya merosot.


Mengenal kendala Prestasi Belajar Siswa Mengenal Hambatan Prestasi Berguru Siswa

Sebenarnya, cukup banyak faktor yang mempengaruhi prestasi mencar ilmu siswa. Jika ditinjau berdasar kendala atau hambatan, maka kendala prestasi mencar ilmu dikelompokkan menjadi dua bagian. Ada dua kendala utama prestasi mencar ilmu siswa yang teridentifikasi:

1.Kendala internal

Kendala internal yaitu kendala yang berasal dari dalam diri siswa sendiri. Misalnya kecerdasan atau intelkegensi question (IQ). Meskipun tidak bersifat mutlak, faktor intelegensi sangat menghipnotis upaya siswa meningkatkan hasil mencar ilmu yang optimal. Siswa yang memiliki nilai IQ di bawah standar akan sulit menggapai hasil mencar ilmu yang memuaskan.

Konsentrasi mencar ilmu yang rendah juga menjadi kendala bagi siswa dalam meraih prestasi belajar. Siswa sulit memusatkan perhatian pada apa yang sedang dipelajari. Akibatnya siswa tidak bisa memahami materi pelajaran dengan baik. Simak kembali: Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Kendala internal lain yang tak kalah penting yaitu kebosanan dalam belajar. Siswa kadang-kadang merasa kesulitan untuk meredakan dan menghalau kebosanannya dalam belajar. Siswa akan praktis bosan menjalani acara yang bersifat rutin dan monoton. Lihat juga: Mengapa Bosan dalam Belajar

Yang paling parah adalah, siswa tidak memahami wacana apa manfaat acara mencar ilmu yang mereka jalani. Tidak menemukan kegunaan mencar ilmu bagi dirinya sehingga menjadi kendala tersendiri untuk meraih hasil mencar ilmu secara optimal.

Ada pula siswa yang kurang menyenangi mata pelajaran tertentu. Mata pelajaran ini dianggapnya terlalu rumit dan membuat pusing kepala. Besar kemungkinannya siswa mengalami kesulitan dalam mencapai hasil mencar ilmu yang optimal. Jangan lupa baca: Tips Agar Anak Anda Berprestasi di Sekolah

2.Kendala eksternal

Kendala eksternal merupakan kendala mencar ilmu yang bersumber dari luar diri siswa. Hal ini sudah pasti diluar jangkauan kemampuan siswa untuk mengatasinya. Misalnya, kendala seni manajemen dan metode pembelajaran yang dijalankan guru, ekonomi orang tua, lingkungan belajar, dan struktur materi pelajaran yang sukar.


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Mengenal Kendala Prestasi Belajar Siswa"