5 Prosedur Program Guru Dalam Pbm
5 Prosedur Kegiatan guru dalam pbm – Proses berguru dan mengajar (PBM) merupakan program utama proses pendidikan di sekolah.
Proses ini berlangsung dalam kegiatan tertentu yang telah disusun oleh pihak sekolah. Selain itu program PBM juga memiliki prosedur tertentu.
Proses ini berlangsung dalam kegiatan tertentu yang telah disusun oleh pihak sekolah. Selain itu program PBM juga memiliki prosedur tertentu.
Prosedur PBM disusun dan dijalankan oleh guru sehingga guru dikatakan sebagai operator kurikulum pendidikan di sekolah. Sebagai operator kurikulum, guru memiliki prosedur program yang dilaksanakan sescara sistematis.
Berikut yakni 5 prosedur utama program guru dalam PBM:
Berikut yakni 5 prosedur utama program guru dalam PBM:
1.Menyusun kegiatan pengajaran
Guru merancang kegiatan pembelajaran dalam bentuk tertulis. Hasil rancangan ini berguna untuk menentukan bagaimana corak dan warna pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru di ruang kelas.
Hasil rancangan khusus guru dalam sekali pertemuan dikenal dengan istilah rencana pembelajaran. Lihat juga: Guru Itu Disainer Pembelajaran
Hasil rancangan khusus guru dalam sekali pertemuan dikenal dengan istilah rencana pembelajaran. Lihat juga: Guru Itu Disainer Pembelajaran
2.Melaksanakan kegiatan pengajaran
Pelaksanaan pembelajaran sudah diatur sedemikian rupa melalui kalender akademik sekolah. Program yang sudah dibuat sedemikian rupa oleh guru dilaksanakan melalui tatap muka di ruang kelas.
Apakah seorang guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat atau belum. Ini hanya akan diketahui oleh guru bersangkutan. Namun keberhasilan pelaksanaan PBM tak lepas dari sentuhan seni dan kreativitas guru. Baca juga: Guru itu Seniman Pembelajaran
Apakah seorang guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat atau belum. Ini hanya akan diketahui oleh guru bersangkutan. Namun keberhasilan pelaksanaan PBM tak lepas dari sentuhan seni dan kreativitas guru. Baca juga: Guru itu Seniman Pembelajaran
3.Melaksanakan penilaian atau evaluasi
Penilaian yang dilakukan guru setelah melaksanakan program pembelajaran merupakan suatu keharusan. Tujuannya untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Apakah siswa sudah mengalami ketuntasan berguru atau belum.
4.Melaksanakan analisis hasil penilaian
Guru perlu menganalisa hasil penilaian siswa. Hasil analisa ini akan bermanfaat untuk tindak lanjut terhadap hasil berguru siswa. Melalui format tertentu mampu diperoleh gambaran wacana hasil program berguru siswa.
5.Melaksanakan kegiatan perbaikan/pegayaan
Program ini yakni tindak lanjut hasil analisis guru terhadap hasil berguru siswa. Bila siswa sudah mengalami ketuntasan berguru maka siswa berhak memperoleh kegiatan pengayaan materi pelajaran.
Sebaliknya, jikalau belum memenuhi criteria ketuntasan maka siswa mengikuti kegiatan perbaikan atau remedial.
Sebaliknya, jikalau belum memenuhi criteria ketuntasan maka siswa mengikuti kegiatan perbaikan atau remedial.
Prosedur nomor 4 dan 5 merupakan langkah yang sering luput dari perhatian guru. Padahal langkah tersebut yakni program penting yang dilaksanakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Jika ada peran lain yang diberikan oleh kepala sekolah, itu hanyalah peran perhiasan dalam rangka pengembangan profesi guru. Perihal ini akan dibahas pada artikel berikutnya.
Jika ada peran lain yang diberikan oleh kepala sekolah, itu hanyalah peran perhiasan dalam rangka pengembangan profesi guru. Perihal ini akan dibahas pada artikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "5 Prosedur Program Guru Dalam Pbm"