Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengidentifikasi Duduk Kasus Positif Pembelajaran

Mengidentifikasi Masalah Aktual Pembelajaran – Jika direnungkan dengan seksama, pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas termasuk program yang cukup unik. Guru menghadapi sekian murid dengan latar belakang karakter yang berbeda. Mengendalikan semua karakter tersebut dalam kawasan dan waktu sama bukanlah pekerjaan mudah.


Mengidentifikasi Masalah Aktual Pembelajaran Mengidentifikasi Duduk Kasus Nyata Pembelajaran

Karakter anak yang heterogen sering menyebabkan berbagai problem dalam mengelola pembelajaran. Jika tidak sabar, sanggup jadi guru akan marah melulu dan “makan hati” menghadapi tingkah polah dan kelakuan siswa. Inilah sebetulnya yang mendasari ide penelitian tindakan kelas (PTK). 

Keberadaan sebuah kurikulum akan menjadi sebuah dokumen “mati” belaka bila tidak dilakukan berbagai pembenahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Sebaliknya, kurikulum tersebut akan benar-benar potensial meningkatkan mutu pendidikan bila guru berperan sebagai peneliti dalam pembelajaran.

Kegiatan penelitian guru dimulai dari fakta masalah yang dihadapi guru dan  proses identifikasi permasalahan aktual yang dirasakan guru dalam mengajar. Masalah ialah sesuatu yang tidak sesuai perencanaan dan harapan guru terhadap proses mupun hasil pembelajaran. Misalnya:

Siswa sulit mencapai ketuntasan berguru ulangan harian pada mata pelajaran X konsep Y.

Setelah diidentifikasi ditemukan berbagai masalah ibarat berikut ini:
a.Siswa kurang antusias mengikuti pelajaran

b.Siswa sering minta izin meninggalkan kelas

c.Siswa tidak mau bertanya selama pembelajaran berlangsung

d.Ada siswa yang sering bolos belajar

e.Siswa sering ngobrol dengan temanya ketika guru mengambarkan pelajaran.

Dari sekian butir masalah yang berhasil diidentifikasi, guru tidak mungkin menganalisa semuanya. Oleh alasannya ialah ialah itu perlu diambil permasalahan mana yang paling pokok dan aktul serta sanggup dicarikan solusinya. 

Jika guru sudah menentukan permasalahan kasatmata dan penting, langkah selanjutnya ialah merencakan tindakan apa yang akan dilakukan pada pembelajaran berikutnya. Baca juga: Tujuan dan Manfaat PTK bagi Guru


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Mengidentifikasi Duduk Kasus Positif Pembelajaran"