Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hakikat Pendekatan Dalam Pembelajaran

Hakikat pendekatan dalam pembelajaran – Pendekatan pembelajaran merupakan titik contoh atau sudut pandang terhadap proses berguru dan mengajar. Sudut pandang dalam pembelajaran lebih bersifat teoretis untuk mengungkapkan pemikiran-pemikiran guru dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas.

Pembelajaran itu semestinya dipandang sebagai proses yang bersifat dinamis. Dinamisasi proses itu ditandai dengan adanya interaksi (hubungan timbal balik) antara guru dengan siswa, siswa dengan temannya atau siswa dengan sumber berguru yang ada. 

Buku termasuk sumber berguru yang sangat diperlukan dalam mencapai keberhasilan pembelajaran.

 Pendekatan pembelajaran merupakan titik contoh atau sudut pandang terhadap proses bergur Hakikat Pendekatan Dalam Pembelajaran

Sebagai pengelola pembelajaran, guru perlu menetapkan pendekatan apa yang digunakan untuk ketercapaian tujuan pembelajaran. Dalam pendidikan, ada titik contoh pembelajarannya yakni guru dan ini disebut pembelajaran berorientasi pada guru (teacher oriented approach).

Pemikiran guru yakni bagaimana menyajikan informasi berguru kepada siswa. Bagaimana siswa menguasai bahan pelajaran dengan baik melalui tindakan guru di ruang kelas. Dalam hal ini, guru memegang peranan penting sebagai pemberi informasi yang harus dikuasai oleh siswa.

Pendekatan yang kedua yakni berorientasi pada siswa (oriented student approach). Pandangan pendekatan ini menenmpatkan siswa sebagai objek sekaligus subjek yang belajar. 

Oleh sebab yakni itu pendekatan ini lebih cocok diimplementasikan guru melalui pembelajaran.

Peranan guru dalam pembelajaran lebih terfokus kepada pembimbing belajar, motivator dan fasilitator pembelajaran. Inilah masalahnya dalam pendidikan. Sebagian guru merasa “belum menjadi guru” dengan adanya pembelajaran berorientasi pada siswa. 

Padahal sesungguhnya, peranan guru yang lebih penting yakni menciptakan bagaimana siswa belajar, bukan hanya memikirkan bagaimana guru mengajar.

Demikian hakikat pendekatan dalam pembelajaran. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan pandangan baru bagi guru. Baca juga: Hakikat Strategi Pembelajaran


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Hakikat Pendekatan Dalam Pembelajaran"