Upaya Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Berguru Siswa
Upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi berguru siswa - Proses berguru siswa di sekolah tidak selalu berjalan lancar sesuai harapan. Banyak rintangan dan kendala yang dijumpai siswa untuk meraih prestasi berguru yang optimal.
Salah satu kendala yang sering terjadi yaitu gangguan terhadap konsentrasi belajar siswa. Gangguan terhadap konsentrasi berguru siswa lebih dominan disebabkan oleh faktor psikologis.
Kenyataan ini agak menyulitkan guru mata pelajaran untuk melakukan pendekatan pemecahan masalah. Konsekuensinya, setiap guru harus mampu berperan ganda, sebagai guru mata pelajaran sekaligus guru konselor.
Guru mata pelajaran perlu pula menguasai dasar-dasar dan teknik konseling untuk mengatasi problem berguru yang berkaitan dengan psikologis siswa.
Salah satu kendala yang sering terjadi yaitu gangguan terhadap konsentrasi belajar siswa. Gangguan terhadap konsentrasi berguru siswa lebih dominan disebabkan oleh faktor psikologis.
Kenyataan ini agak menyulitkan guru mata pelajaran untuk melakukan pendekatan pemecahan masalah. Konsekuensinya, setiap guru harus mampu berperan ganda, sebagai guru mata pelajaran sekaligus guru konselor.
Guru mata pelajaran perlu pula menguasai dasar-dasar dan teknik konseling untuk mengatasi problem berguru yang berkaitan dengan psikologis siswa.
Selain itu, guru mata pelajaran, guru kelas atau wali kelas harus mampu bekerja sama dengan guru bimbingan dan konseling yang ada di sekolah. Ini bertujuan untuk memaksimalkan pendekatan pemecahan problem konsentrasi berguru siswa.
Pendekatan yang lazim dilakukan guru yaitu pendekatan pemusatan perhatian. Perhatian terbagi dua jenis, yaitu perhatian spontan dan tidak spontan. Perhatian spontan berasal dari dalam diri siswa, bukan karena adanya rangsangan dari luar. Sedangkan perhatian tidak spontan timbul karena rangsangan dari luar.
Guru perlu melakukan upaya untuk menjadikan perhatian tidak spontan dalam proses berguru di kelas. Berikut yaitu upaya dan cara alternatif yang mampu dilakukan guru:
1.Mengatur bahan dan bahan pelajaran yang akan disajikan sedemikian rupa sehingga mampu mengundang perhatian siswa.
2.Menyajikan bahan dan bahan pelajaran dengan metode yang disukai oleh siswa karena memang proses berguru untuk siswa.
3.Menghubungkan bahan pelajaran dengan pengalaman, fakta dan kenyataan hidup siswa sehari-hari.
4.Menyajikan bahan pelajaran sesuai dengan taraf berfikir dan pengalaman batin siswa.
5.Menyampaikan bahan pelajaran dengan gaya bahasa dan vokal yang menarik.
6.Menampilkan mulut dan sikap optimis, ceria dan bersemangat serta diselingi humor segar.
Tentu saja, upaya di atas hanyalah sebuah tawaran atau alternatif untuk mengundang perhatian dan meningkatkan konsentrasi berguru siswa. Admin yakin, teman pengunjung memiliki pandangan baru maupun pengalaman dalam mengatasi rendahnya perhatian dan konsentrasi siswa dalam belajar.
Silahkan mencurahkannya sepuas-puasnya pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Silahkan mencurahkannya sepuas-puasnya pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Upaya Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Berguru Siswa"