Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Media Dalam Proses Berguru Siswa

Manfaat media dalam proses mencar ilmu siswa - Pada artikel terdahulu sudah dibahas wacana media pembelajaran. Media berperan untuk mengantarkan/menyampaikan pesan isu kepada siswa. Informasi dalam hal ini ialah sejumlah ilmu dan pengetahuan yang bersumber dari proses mencar ilmu yang berlangsung di ruang kelas.

Sering guru berfikir, membicarakan media belajar selalu menyangkut media yang canggih dan mahal. Ketika ditanya oleh pengawas sekolah, guru menjawab media mencar ilmu terbatas. Ini merupakan jawaban persepsi keliru terhadap media penyampai pesan isu belajar.

Manfaat media dalam proses mencar ilmu siswa Manfaat Media Dalam Proses Mencar Ilmu Siswa

Semua yang ada di ruang kelas, benda maupun manusia, mampu dijadikan sebagai media jikalau yang lebih canggih dan bagus tidak dimiliki sekolah. Apa yang dimiliki guru dari ujung rambut ke ujung kaki, begitu pula siswa, mampu dimanfaatkan sebagai media meskipun dalam bentuk sederhana.  

Contoh, guru atau siswa punya kaca mata? Nah kaca mata itu termasuk media belajar. Papan tulis juga mampu dijadikan media. Guru mampu berkreasi melukis atau menggambar objek sesuatu yang berkaitan dengan bahan pelajaran. Begitu seterusnya…Mengapa perlu hal ini dilakukan guru?

Media sangat bermanfaat dalam proses mencar ilmu siswa di kelas. Diantara sekian banyak manfaat, berikut ini disajikan beberapa poin saja:

1.Memperjelas isu mencar ilmu sehingga simpel dipahami siswa

Bagian bahan pelajaran yang bersifat verbalisme, berisi uraian kalimat dan penjelasan belaka, akan lebih simpel dipahami oleh siswa melalui kontribusi gambar, model, tabel, grafik, dan lain sebagainya.

2.Membuat bahan pelajaran yang bersifat absurd menjadi lebih konkrit

Mata pelajaran tertentu mungkin berisi penjelasan absurd dan susah dicerna oleh fikiran siswa. Dengan kontribusi media yang sesuai, siswa akan mampu memahami bahan pelajaran tersebut.

3.Menarik minat siswa untuk memahami sesuatu

Media mencar ilmu mampu menarik minat siswa. Jika siswa sudah berminat dan termotivasi oleh media, misalnya gambar yang unik, siswa akan simpel menangkap bahan pelajaran.

4.Meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar

Media berpotensi untuk mengarahkan konsentrasi belajar anak. Siswa yang semula hirau tak acuh, mampu saja menjadi berkonsentrasi mendengar penjelasan guru.

5.Menjadi hiburan belajar

Penggunaan media mencar ilmu akan mampu menjadi bahan penyegaran bagi siswa dalam proses belajar. Misalnya, penggunaan telepon seluler guru untuk memutar lagu-lagu perjuangan, lagu-lagu daerah, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa manfaat penggunaan media dalam proses mencar ilmu siswa di kelas. semoga bermanfaat.


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Manfaat Media Dalam Proses Berguru Siswa"