Kurikulum, Jembatan Mutu Pendidikan
Kurikulum jembatan mutu pendidikan – Pada hakikatnya, meningkatkan mutu pendidikan sebetulnya yakni usaha untuk mendekatkan insan pada sumberdaya insan yang berkualitas. Dengan demikian terdapat keterkaitan pribadi antara mutu pendidikan dengan kualitas sumberdaya manusia.

Dalam konteks pembangunan Indonesia, sumberdaya manusia yang berkualitas adalah insan yang memiliki kemampuan intelektual, emosional dan berketerampilan yang handal. Kemampuan intelektual meliputi kemampuan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sementara itu kemampuan emosional terdiri dari keimanan dan ketaqwaan, sikap mandiri, disiplin dan peka terhadap segala bentuk perubahan. Dengan demikian lembaga pendidikan sebagai wahana untuk menciptakan sumberdaya insan yang berkualitas harus bisa mengatakan bekal kemampuan tersebut.
Jembatan penghubung mutu pendidikan dengan sumberdaya insan yakni kurikulum pendidikan. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan diwujudkan dalam kurikulum pendidikan. Kurikulum tersebut harus relevan dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mampu menjawab dinamika dan perkara pembangunan yang tengah dihadapi. Sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kepribadian bangsa. Mengakomodasi segala bentuk nilai seni dan budaya bangsa.
Mampu menjawab dinamika dan perkara pembangunan yang tengah dihadapi. Sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kepribadian bangsa. Mengakomodasi segala bentuk nilai seni dan budaya bangsa.
Tentunya, kurikulum 2019 diharapkan sanggup mengakomodir semua aspek kebutuhan terkait dengan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Jika tidak, ada impian kurikulum ini akan mengalami nasib yang sama dengan kurikulum sebelumnya. Terpaksa "diutak-atik" di tengah perjalanan dengan alasan penyempurnaan.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Kurikulum, Jembatan Mutu Pendidikan"